Lihat ke Halaman Asli

Syaiful W. HARAHAP

TERVERIFIKASI

Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

"Chaos" di Stasiun KA Tanah Abang

Diperbarui: 23 Agustus 2023   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Eskalator di Sta KA Tanah Abang di sisi kiri diam dan di sisi kanan melangkah menuruni anak tangga eskalator (Sumber: tribunnews.com/ WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA)

"Antri .... antri .... semua mau naik KRL." Itulah teriakan security di ujung eskaltor antara jalur 5 dan 6 di Stasiun KA Tanah Abang, Jakatta Pusat, 29/7-2018, pukul 20.00.

Security hanya memaksakan perintahnya tanpa melihat kondi riil. Ketika itu KRL dari Rangkas Bitung masuk di jalur 6. Tentu saja penumpang naik eskaltor di sebelah jalur 5 untuk naik pindah jalur. Sedangkan dari atas calon penumpang KRL yang ada di jalur 6 juga turun melalui eskaltor.

Maka, yang terjadi adalah persilangan penmpang yang mau naik dan penumpang yang turun sehingga saling memotong.

Bagaimana mau antri, Pak Security?

Kalau saja ada rancangan yang komprehensif hal itu tidak akan terjadi. Misalnya, eskalator dan tangga di utara hanya untuk turun, dan eskaltor dan tangga di selatan untuk naik. Perpotongan antrian akan terhindarkan.

Atau penumpang turun daria KRL di jalur 6 naik melalui eskalator di sebelah jalur 6 dan calon penumpang untuk ke KRL di jalur 6 turun melalui eskalator di sisi jalur 5.

Situasi kian runyam karena semua pintu, ada empat tiap gerbong masing-masing di sisi kiri dan kanan, bisa untuk penumpang naik dan turun. Hanya diteriakkan oleh petugas agar mendahulukan penumpang turun. Tentu saja tidak digubris karena semua berebut tempat duduk yang terbatas di tiap gerbong (Baca juga: "Tolong, Saya Lagi Hamil!")

Kalau saja diatur dua pintu tengah untuk turun dan dua pintu di lain di ujung untuk naik tentulah bisa dihindarkan tubrukan antara penumpang yang turun dan penumpang yang memaksa naik.

Yang tidak masuk akal eskaltor pun didegradasi. Sebelah kiri untuk yang diam mengikuti putaran eskalator dan di kanan untuk yang berlari. Ini jelas merusak sistem. Silakan yang mau lari atau lompat dengan menydiakan matras di peron memilih tangga.

Langkah konyol itu saja saja dengan yang dilakukan polisi lalu lintas yang memberikan aba-aba bagi kendaraan bermotor dan arah lampu hijau ke kunung lebih cepat. Akibatnya, terjadi kemacetan di perempatan. Kalau saja kendaraan dari arah lampu hijau mulai berhenti saat lampu kuning dan dari arah lampu merah mulai jalan tentulah tidak ada kemacetan di perempatan.

Di Manila, Filipina, misalnya, tidak ada lampu lalu lintas dan polisi tapi tidak pernah macet karena ada kotak dengan garis kuning. Jika kendaraan di depan macet dan masih ada di dalam kotak kuning kendaraan di belakangnya langsung berhenti di luar kotak kuning. Kendaraan dari arah lain bergerak. Begitu seterusnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline