Lihat ke Halaman Asli

Icen

Icen, Penerima Beasiswa Unggulan D4 Perhotelan 2019 STP Trisakti.

Manfaat dari Omega 3 yang Berperan Penting untuk Kesehatan Tubuh

Diperbarui: 28 Februari 2021   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hai Saya Icen. Saya Mahasiswi D4 Perhotelan 2019 Sekolah Pariwisata Trisakti. Saya Merupakan penerima penghargaan Beasiswa Unggulan Kementrian Pendidikan. Saya harap dapat membagikan sesuatu yang sangat bermanfaat. Terimaksih.

Sebenarnya Omega 3 merupakan salah satu asam lemak yang sangat berperan penting untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Namun banyak sekali di Indonesia, bahkan penduduk diseluruh dunia yang kekurangan zat  omega 3 ini di dalam menu makanan mereka sehari-hari. 

Disini khususnya penduduk Indonesia sebenar nya dalam pola makan sehari-hari, mereka banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 6, tetapi tidak diimbangi dengan asam lemak omega 3 akhirnya tubuh mudah mengalami peradangan.

Pada zaman sekarang, ada banyak penyakit-penyakit kronis yang diawalnya disebabkan oleh peradangan yang banyak didalam tubuh mereka, mungkin bagi kita yang sering kedokter atau sering ke rumah sakit dan sering mendengar diagnose dari dokter kita dengan akhiran kata ‘itis’ jadi sebenarnya ini adalah bahasa Latin yang artinya adalah peradangan. Contohnya seperti ini :

1. ARTHRITIS ( PERADANGAN SENDI)

Arthritis adalah sendi yang sedang mengalami peradangan.

2. ULCERATIVE COLITIS (PERADANGAN USUS BESAR)

Ulcerative colitis adalah kolon/usus besar yang mengalami peradangan.

Dan banyak juga penyakit jantung yang awalnya disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah. Jadi pada saat ini, kolesterol yang tinggi bukanlah satu-satunya penyebab dari penyakit jantung atau penyakit pada pembuluh darah kita. Dengan adanya peradangan, maka akan membuat kolesterol mudah menempel pada dinding pembuluh dara kita itulah yang menyebabkan penumpukan pla pada dinding pembuluh darah kita.  

Jika kita ingin menyembuhkan diri dari berbagai penyakit kronis atau mencegah berbagai penyakit maka kita harus mengurangi peradangan atau inflamasi pada tubuh kita.

Cara terbaik atau cara yang paling mudah yang dapat kita lakukan adalah menambahkan omega 3 kedalam menu makanan atau menu diet kita sehari-hari. Mungkin ada yang bertanya seperti ini, “saya bisa mendapatkan omega 3 dari mana? Makanan apa yang harus saya makan?”. Sumber omega 3 yang dapat dengan mudah kita temukan berasal dari Telur, kemudian kita juga bisa mengkonsumsi makanan dari ikn laut, 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline