Lihat ke Halaman Asli

Datangkan Pemburu dan Anjing Khusus Masuki Hutan

Diperbarui: 14 Maret 2017   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: rubik.okezone.com

Pascateror babi hutan di Kampung Pasirgintung, Desa Batutulis, Kecamatan Nang­gung, Kabupaten Bogor, warga makin dibuat resah. Sampai-sampai warga memang­gil pemburu khusus untuk menangkap babi-babi yang sering merusak lahan warga.

 Tak hanya memanggil pemburu, warga juga mendatangkan anjing khusus untuk melacak keberadaan babi hutan. Hasil­nya, puluhan babi berhasil ditangkap. Namun, jumlahnya seolah terus menin­gkat hingga tak pernah punah.

“Biasanya serangan dilakukan lebih dari lima ekor babi hutan. Karena itu, mulai sekarang kami waspada dengan berjaga-jaga. Kami menggunakan anjing untuk mengusir babi hutan,” ujar warga Kampung Lukut, RT 01, Ujang (56).

Kepala Desa Batutulis Endang mencer­itakan, kedatangan babi tersebut sudah sejak 2014 lalu. Ketika maraknya flu babi yang membahayakan warga, ada orang yang tak bertangung jawab melepas kan sepasang babi ke Kam­pung Pasirgintung hingga beranak-pinak.­

“Kalau melahirkan babi tersebut bisa lebih dari em­pat ekor, sehingga babinya semakin banyak. Satu ekor babi beratnya sampai 75 kilogram,” bebernya.

Sejak 2014 sudah banyak lahan warga yang jadi kor­ban. Lebih dari lima hektare kebun warga yang diserang babi hutan. “Kami minta UPT Peternakan turun tangan,” pintanya.

(ads/b/feb/dit)

SUMBER : Harian Metropolitan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline