Lihat ke Halaman Asli

Rasa Insecure yang Dialami Remaja, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Diperbarui: 24 Februari 2023   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by : Freepik

Di jaman sekarang pasti kalian para remaja sudah tidak asing dengan kata Insecure, Apa sih insecure itu? Insecure merupakan keadaan tidak nyaman yang di alami sesorang atau perasaan tidak percaya diri yang di alami seseorang. Dapat juga di katakana insecure adalah hilangnya rasa bersyukur atas apa yang mereka miliki. Rasa insecure hanya sebuah pemicu yang membuat perasaan emosional bereaksi. Insecure itu hal yang wajar, namun jika dibiarkan terus menerus itu akan mengambat potensi kehidupan kita. Sebenarnya insecure dapat di rasakan oleh siapa saja, dari mulai balita hingga kakek-nenek. Namum dalam penelitian remaja-lah yang paling banyak mengalami rasa inescure mulai dari usia 17-20 tahun. Kenapa remaja yang sering mengalai insecure ? Nah, hal itu di sebabkan karena remaja sudah mengalami massa peralihan yang membuat mereka mencari jati diri dan tidak hanya disebabkan hal itu, Berikut beberapa macam-macam rasa Insecure yang dialami oleh remaja dan bagaiman cara mengatasinya?

1. Pertemanan

Pertemanan juga dapat membuat remaja sering merasa insecure hal ini di sebabkan karena  remaja yang membuat suatu kelompok pertemanan yang tidak semua teman dapat bergabung di dalam kelompok itu, dan remaja yang merasa tidak diterima atau tidak boleh ikut dengan suatu kelompok itu terkadang membuat remaja itu berfikir "kenapa aku tidak di terima dikelompok pertemanan mereka? " hal itu tentunya dapat membuat remaja berfikir dirinya kurang karena tidak dapat bergabung dikalangan kelompok pertemanan itu.

2. Keluarga

Image by : Freepik

Keluarga tekadang juga bisa menimbulkan rasa insecure bagi remaja, remaja yang orang tuanya berpisah atau yang disebut (broken home) biasanya remaja yang tumbuh dari keluaraga broken home cenderung kekurangan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Hal ini membuat remaja mengalami insecure karena keluaraga mereka yang tidak utuh seperti keluarga lain pada umumnya.

3. Prestasi

Image by : Freepik

Prestasi juga dapat membuat remaja merasa insecure hal ini terkadang yang membuat remaja yang tidak terpenuhi ekspetasinya sehingga mereka tidak dapat menerima reality. Contoh ada seorang siswa yang sudah berusaha belajar untuk mengerjakan ulangan namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, dan siswa tersebut mulai membandingkan dirinya dengan teman yang hasil nilai ulangannya lebih tinggi darinya.

4. Body Shaming

Image by : Freepik

Body Shaming ini banyak sekali terjadi dilingkungan remaja apa lagi dimassa remaja mereka sedang mengalami massa pubertas. remaja yang memilki badan berlebihan ini sering mendapat body shaming. Dapat kita ambil contoh disekeliling kita pasti kita punya teman yang badannya berlebih ,cenderung sering mendapatkan ejekan kadang mereka mengejek dengan kata-kata yang menyakiti hati.

5. Media Sosial

Image by : Freepik

Media sosial nah media sosial salah satu penyebab remaja merasa insecure kenapa? Hampir setiap hari remaja tidak dapat lepas dari media sosial dari muali Instagram,twiter,tiktok dan masih banyak lagi. Contoh saja setiap kita melihat postingan orang yang lebih dari kita pasti kita langsung membading-bandingkan diri kita dengan apa yang kita lihat di media sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline