Lihat ke Halaman Asli

Dewi kusnita

Guru motivasi

Adab yang Mulai Terkikis

Diperbarui: 29 Agustus 2022   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bicara tentang  Adab atau sopan santun, akhlak mulia yang mulai terkikis karena pengaruh teknologi dan globalisasi,
Misalnya adab seorang anak pada orang tua, Adab seorang murid pada guru bahkan Adab orang yang lebih muda pada orang yang usianya lebih tua memang sudah mulai terlihat berkurang.

Merasa sudah berilmu, menimba ilmu di sekolah yang katanya teladan bahkan yang sudah mengenyam di pesantren pun tapi tidak dibarengi dengan adab, terlihat abai bahkan jumawa. Tak jarang kita liat orang yang bermu tapi minus akhlaknya. 

Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy, "Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu." Kenapa sampai para ulama mendahulukan mempelajari adab? Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata, "Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu."

Mereka -para ulama- dahulu mempelajari petunjuk (adab) sebagaimana mereka menguasai suatu ilmu.  Disini pentingnya belajar Adab dulu baru belajar ilmu. Agar ilmu yang didapat lebih membekas di hati, lebih berkah dan itu yang akan membawa kemanfaatan buat diri dan orang - orang sekitarnya.

Selanjutnya  setelah Adab, ilmu itu perlu aplikasi dari diri kita dan mengajak orang lain untuk menerapkan ilmu. Allah mensifati buruk orang yang berilmu tapi tidak dipraktikan. Seperti Firman Allah dalam Qur'an Surat  Al jumu'ah ayat 5 yang artinya :
 _Perumpamaan orang-orang yang diberi tugas membawa Taurat, kemudian mereka tidak membawanya (tidak mengamalkannya) adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Sangat buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim._




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline