Lihat ke Halaman Asli

Diana Ratih

Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Malang

Ingin Berpenghasilan Besar di Dirumah Aja ? Ini Solusinya Bisa Coba

Diperbarui: 24 Februari 2021   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini perekonomian banyak yang tumbang akibat lonjakan covid-19 yang semakin meningkat jumlah orang yang terpapar covid-19. saat ini lonjakan orang yang terkena PHK sangat banyak baik dari perusahaan besar maupun kecil karena kurangnya aktivitas normal sehingga perekonomianpun ikut tidak normal. 

Ditengah tumbangnya ekonomi global pasti banyak yang membutuhkan penghasilan sampingan untuk biaya kehidupan sehari-hari ataupun biaya penddikan. saat ini dunia kerjapun sangat minim yang membuka kesempatan pegawai baru, sehingga perlunya mencari penghasilan sendiri untuk mencukupi kebutuhan. Sekarang ini Era Digital sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan, hampir 95% tua dan muda menggunakan smartphone sebagai pendamping kehidupannya. Namun, belum secara keseluruhan orang-orang memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. 

adapun beberapa manfaat  smartphone dan internet yang bisa menghasilkan uang.

1. memanfaatkan medsos sebagai tempat jualan online 

sudah tidak asing lagi dengan media sosial seperti: facebook, WhatsApp, Instagram, Line dll. adalah tempat bergelutnya hampir semua orang untuk sekedar menghilangkan rasa bosan atau menjadi kegiatannya setiap hari. dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat jualan online maka banyak mata yang dapat melihatnya secara langsung, dengan menyediakan gambar yang unik maka banyak orang akan tertarik untuk membeli produk anda. 

2. memanfaatkan situs Web

Wibsite adalah sebuah kumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan sekumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. pada wibsite juga dapat digunakan sebagai tempat jualan online dan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menulis artikel untuk mendapatkan penghasilan dari rumah saja. dengan menyediakan konten yang menarik serta bermanfaat. 

3. menawarkan jasa online

Apabila anda mempuyai keahlian khusus maka sangat bermanfaat sekali untuk mengubahnya sebagai penghasilan. dengan menggunakan smartphone maka anda bisa menginformasikan khalayak tentang jasa yang anda tawarkan seperti : jasa membuat kaos, jasa menyelesaikan tugas, jasa mendesain produk, atau jasa pembuatan wibsite dll. jasa online bisa ditawarkan melalui media sosial maupun dari pembuatan wibsite itu sendiri agar skill yang anda miliki tidak sia-sia maka manfaatkanlah dengan baik.

4. manfaatkan Youtube

saat ini semua orang menggunakan youtube sebagai tempat yang asyik untuk mencari kesenangan mata atau tempat mencari informasi baru juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar. So jika anda punya keahlian dalam suatu bidang atau senang berkreativitas maka manfaatkanlah youtube sebagai sarana untuk menjalankan hoby anda, atau tempat menuangkan kegemaran anda yang bermanfaat bagi banyak orang. apalagi saat  penonton youtube samakin meningkat dari hari kehari disebabkan kegiatan orang yang lebih banyak bergelut dengan dunia internet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline