Lihat ke Halaman Asli

Cory MargarethaSianturi

Communication Student

SEO dan SEM

Diperbarui: 17 Desember 2020   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Money vector created by upklyak - www.freepik.com

Pernah terpikir tidak bagaimana cara sebuah artikel muncul ketika kita sedang mencari informasi menggunakan mesin pencarian di internet seperti Google, Firefox, dan yang lainnya? Mengapa ada banyak artikel yang muncul dan bagaimana agar sebuah artikel tersebut berada di halaman pertama pencarian? Nah, semua itu berkat SEO dan SEM!

Sebelumnya, kalian sudah pernah mendengar istilah SEO dan SEM? Atau mungkin malah asing dengan kata tersebut? SEO atau Search Engine Optimalization adalah sebuah sistem yang digunakan dalam mesin pencarian dalam internet untuk menghubungkan sebuah artikel dengan kata -- kata kunci sehingga dapat muncul di halaman pertama pencarian. Jika kamu sedang mencari informasi tentang sepatu di internet, dan ada beberapa website yang muncul di halaman pertama, hal tersebut merupakan hasil dari kerja SEO.

Penggunaan SEO meliputi cara pembuatan tulisan yang dimuat dalam artikel hingga penggunaan kode HTML serta mencantumkan kata kunci sehingga ketika seseorang mencari informasi yang terkait dengan artikel penulis, dapat muncul di halaman pencarian. SEO memiliki dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. 

  • SEO On Page merupakan sistem internal dari tulisan digital  mulai dari jenis huruf, ukuran teks, hingga topik yang dibahas.
  • SEO Off Page merupakan sistem eksternal dari tulisan digital seperti media luar yang dicantumkan oleh penulis.

Dalam Search Engine Optimalization (SEO), kata kunci merupakan hal terpenting dalam sistem SEO. Selain kata kunci, isi dari tulisan mulai dari topik pembahasan yang menarik juga penting dan mempengaruhi sistem kerja dari SEO. Oleh karena itu, penting untuk lebih memperhatikan isi dari tulisan serta menganggap diri kita sebagai pembaca sehingga kita mengetahui letak dari tulisan yang kurang baik dan perlu diperbaiki.

Hampir sama dengan SEO, Search Engine Marketing (SEM) adalah sistem pencarian yang akan memunculkan sebuah tulisan atau artikel di halaman pertama, namun dengan menggunakan iklan berbayar. Mudahnya, jika SEO gratis, maka SEM berbayar. Biasanya, SEM digunakan oleh para pembisnis online sehingga dapat meningkatkan engangement  akan bisnis yang dimiliki serta lebih mudah dijangkau oleh khalayak yang dituju. Apalagi zaman sekarang, tingkat online shop meningkat sehingga banyak yang menggunakan SEM sebagai salah satu teknik promosi bisnis online. 

SEM juga mengandalkan kata kunci sebagai cara utama dalam sistem pencarian, namun kata kunci yang digunakan dalam SEM adalah kata yang berhubungan dengan online shop. Oleh karena itu, adanya SEM, sangat membantu para pemilik bisnis online dalam berjualan. Penggunaan SEM dapat diatur sesuai keinginan serta budget para penggunanya.

Kehadiran Search Engine Optimalization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) membuktikkan bahwa perkembangan teknologi sangat membantu dan berpengaruh bagi kehidupan manusia. SEO dan SEM berperan penting bagi orang yang sedang menjalankan usaha dan ingin memasarkan produknya ke khalayak yang sesuai dengan targetnya. 

Namun, kita tidak hanya bisa mengharapkan sistem SEO dan SEM sendiri untuk membuat tulisan atau artikel kita menjadi di bagian halaman pertama mesin pencarian tetapi kita sebagai pengguna juga harus memperhatikan kualitas dari tulisan maupun konten yang dibuat sehingga dapat terlihat lebih menarik dan bukan hanya sekedar konten clickbait. 

Buat yang belum tahu apa itu clickbait, singkatnya, clickbait merupakan cara seseorang dalam membuat sebuah judul konten yang dapat menarik para pembaca. Oleh karena itu, tetap perhatikan konten serta manfaatkan penggunaan SEO dan SEM sebaik mungkin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline