Lihat ke Halaman Asli

charles dm

TERVERIFIKASI

charlesemanueldm@gmail.com

Sebab Malaysia Batal Bersua Indonesia dan 4 Kunci Garuda Asia Singkirkan Myanmar di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Diperbarui: 10 Agustus 2022   05:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi Arkhan Kaka Putra usai membobol gawang Vietnam di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U16 2022| KOMPAS.com/Mochamad Sadheli

Harapan berbagai pihak terjadinya duel antara tim muda dari dua negara bertetangga yang selalu bersaing dalam segala aspek akhirnya tak terwujud.

Skenario perjumpaan antara timnas U-16 Indonesia kontra timnas U-16 Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 2022 tak berpelukan dengan hasil di lapangan pertandingan.

Garuda Asia, begitu julukan timnas U-16 Indonesia, yang lebih dahulu mengunci satu tiket di babak empat besar turnamen tahunan ini ternyata tidak berjodoh dengan Harimau Malaya. Sayangnya, Malaysia yang diharapkan bisa melangkah lebih jauh dari babak penyisihan grup harus terhempas.

Hasil imbang 2-2 menghadapi Australia di pertandingan terakhir Grup C di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (8/8/2022) petang WIB tidak cukup mewujudkan salah satu semifinal impian banyak pihak itu.

Malaysia tersingkir karena hanya mampu mendulang lima poin dari tiga laga. Posisi Malaysia tertahan di urutan kedua, tertinggal dua angka dari Myanmar yang mengakhiri babak penyisihan grup di posisi teratas.

Klasemen akhir Grup C Piala AFF U-16 2022: https://en.wikipedia.org/

Kemenangan tipis 1-0 atas Kamboja di matchday pamungkas grup pada hari yang sama di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta lebih dari cukup memberi Myanmar tiga angka krusial.

Sebelum laga ini, persaingan di Grup C begitu ketat. Tiga tim yakni Myanmar, Malaysia, dan Kamboja memiliki kans lolos sama besar.

Namun, pertandingan terakhir akhirnya menjadi pembeda. Gol tunggal Lin Htet Oo dari titik penalti di menit ke-48 mengantar Myanmar melesat ke posisi pertama.

Bagaimana bisa Malaysia yang berada di posisi kedua tetap tak bisa melaju? Seperti kita tahu, dari 12 tim yang terbagi dalam tiga grup, kemudian langsung diperas menjadi empat tim terbaik yang akan beradu di babak empat besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline