Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Diikuti 6 Tim, Liga 3 Lampung Siap Bergulir

Diperbarui: 31 Desember 2023   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Persikomet Kota Metro usai partai final Liga 3 Lampung pada 2021. FOTO: Diskominfo Kota Metro

LIGA 3 Zona Lampung segera bergulir. Enam tim sudah memastikan diri sebagai peserta. Salah satunya nama besar nan legendaris di jagat sepakbola nasional: PSBL Bandar Lampung.

Selain PSBL, kontestan Liga 3 Lampung lainnya adalah Bandar Lampung FC (Balam FC), Garuda Lampung City FC (GLC FC), Persikomet Kota Metro, Sakai Sambayan Lampung FC (SS Lampung FC) dan TS Saburai.

Jumlah ini merupakan penurunan dari edisi 2019 dan 2021 yang masing-masing diikuti 14 tim. Namun mengingat Liga 3 Lampung urung digelar pada 2022, enam peserta pun tak apa sepanjang kompetisi tetap bergulir. 

Meski hanya diikuti enam tim, Liga 3 Lampung memakai sistem kompetisi sebagaimana laiknya kebanyakan Liga 3 di provinsi lain. Alhasil, keenam peserta dibagi menjadi dua grup yang masing-masing berisi tiga kontestan.

Hasil undian menempatkan PSBL, SS Lampung FC dan TS Saburai di Grup A. Sedangkan Grup B berisi Persikomet, Balam FC dan GLC FC.

Jadwal pertandingan juga sudah dirilis. Di Grup B, persaingan dimulai dengan pertandingan Balam FC vs GLC FC pada 4 Januari 2024.

Pertandingan berikutnya mempertemukan GLC FC dengan Persikomet di lapangan sama, dua hari berselang. Lalu ganti Balam FC yang jadi lawan Persikomet pada 8 Januari 2024.

Seluruh pertandingan tersebut mentas di Lapangan Yonif 143, Natar, Lampung Selatan. Lokasi ini dipilih sebagai venue karena alasan keamanan dan juga kondisinya yang baik.

Nama Besar PSBL Tinggal Kenangan?

Dari keenam kontestan Liga 3 Lampung 2024, PSBL paling menarik perhatian saya. Maklum saja, saya dibesarkan di era ketika PSBL sedang jaya-jayanya.

PSBL memang sempat menjadi salah satu kekuatan besar sepak bola Indonesia. Di masa lalu, klub ini merupakan jagoan Sumatera bersama Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, PSP Padang dan PSPS Pekanbaru (kini PSPS Riau).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline