Mohon tunggu...
Hen AjoLeda
Hen AjoLeda Mohon Tunggu... Buruh - pengajar dan pegiat literasi, sekaligus seorang buruh tani separuh hati

menulis dan bercerita tentang segala hal

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Strategi dan Hegemoni Elit Menuju Pilkada 2024: Dinamika Politik dan Kesadaran Masyarakat

18 Mei 2024   15:43 Diperbarui: 18 Mei 2024   15:43 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: https://www.kompas.com

Strategi dan Hegemoni Elit Menuju Pilkada 2024: Dinamika Politik dan Kesadaran Masyarakat

Menjelang Pilkada 2024, berbagai manuver dan persiapan oleh para calon kepala daerah serta partai politik mulai terlihat dengan jelas. Meskipun waktu hingga penetapan calon resmi masih cukup yang panjang, langkah-langkah strategis untuk meraih simpati dan dukungan masyarakat sudah mulai diambil. 

Para kontestan Pilkada, baik petahana maupun calon baru, semuanya sibuk merancang strategi dan menyiapkan "amunisi" yang tepat untuk memenangkan hati pemilih. Stretegi dan amunisi ini dapat berupa program kerja yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, janji-janji yang menarik, hingga upaya meningkatkan citra diri di mata publik. 

Tidak dapat dipungkiri, dalam dunia politik, popularitas adalah salah satu kunci utama kesuksesan. Oleh karena itu, segala upaya untuk meraih popularitas menjadi bagian penting dari strategi politik para calon.

Partai politik juga mulai memperlihatkan gelagat yang menarik untuk diamati. Partai politik pun giat membangun koalisi dan formasi yang diharapkan mampu membawa kemenangan dalam kontestasi politik mendatang. Membentuk koalisi-koalisi strategis dengan tujuan memperkuat posisi dalam medan pertarungan. 

Koalisi ini tidak hanya dilihat dari sisi jumlah kursi di parlemen, tetapi juga dari sisi pengaruh dan kekuatan politik di daerah masing-masing. Formasi koalisi yang terbentuk diharapkan mampu menciptakan sinergi yang kuat untuk menghadapi tantangan politik yang ada.

Hegemoni Elit: Strategi dan Taktik


Menariknya, dalam setiap perhelatan politik seperti Pilkada, tidak hanya strategi teknis yang menjadi perhatian utama. Hegemoni elit politik juga memainkan peran penting dalam menentukan arah dan dinamika politik lokal. 

Elit politik sering kali memproduksi dan mereproduksi wacana yang bertujuan untuk merawat popularitas serta memanipulasi kesadaran massa rakyat. Ini adalah fenomena yang sering terjadi menjelang Pilkada, di mana wacana yang dibangun oleh elit politik dapat mempengaruhi persepsi dan preferensi pemilih.

Wacana yang dibangun oleh elit politik ini tidak jarang sarat dengan retorika yang bertujuan untuk membentuk opini publik sesuai dengan kepentingan mereka. Misalnya, isu-isu populis yang dikemas sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat sering kali diangkat. 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan bahwa para elit politik dan calon yang diusung oleh mereka adalah representasi dari aspirasi rakyat. Namun, di balik itu, ada upaya untuk mempertahankan dan memperkuat hegemoni politik yang sudah ada.

Hegemoni ini tidak hanya terlihat dalam bentuk wacana, tetapi juga dalam praktik-praktik politik lainnya. Misalnya, penggunaan media massa dan media sosial sebagai alat propaganda politik. Melalui media, elit politik dapat menyebarkan pesan-pesan yang mendukung agenda politik mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun