Lihat ke Halaman Asli

el lazuardi daim

TERVERIFIKASI

Menulis buku SULUH DAMAR

Memaknai Kemerdekaan sebagai Semangat Membangun Pluralisme

Diperbarui: 20 Agustus 2023   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi quote Gus Dur. Foto : pinterest/dream.co.id

Merdeka ! Kata yang satu ini sering diteriakkan dalam berbagai kesempatan setiap bulan Agustus. Sebuah kata yang menggambarkan ekspresi kegembiraan dan kebanggaan kita sebagai bangsa yang telah berhasil membebaskan diri dari penjajahan.

Kemerdekaan sering diartikan sebagai sebuah kebebasan. Dalam hal ini bebas dari penjajahan bangsa asing. Namun secara esensial, kita bisa memaknai kemerdekaan secara lebih dalam lagi. Yakni, membebaskan diri dari sekat-sekat perbedaan yang membuat kita terpisah.

Ya, sekat-sekat itu perlu ditembus dan dihilangkan. Karena, dalam prakteknya, perbedaan sering menjadi biang permasalahan dalam masyarakat. Untuk menyikapinya kita perlu membangun sebuah semangat pluralisme.

Pluralisme merupakan sebuah paham yang menghargai adanya perbedaan dalam masyarakat dan membiarkan kelompok-kelompok yang berbeda tersebut untuk tetap ada dengan keunikannya masing-masing.

Kenapa pluralisme penting untuk diperjuangkan ?

Jawabannya sederhana, yakni karena bangsa Indonesia ini merupakan bangsa yang heterogen. Bangsa yang terbagi atas banyak kelompok suku, agama, ras dan juga golongan.

Bertolak dari situasi ini maka spirit pluralisme amatlah penting digelorakan demi menjembatani berbagai perbedaan tersebut agar tidak menimbulkan permasalaham diantara kelompok-kelompok yang berbeda tersebut.

Sejarah telah mencatat bahwa bangsa-bangsa yang gagal membentuk semangat pluralisme dalam masyarakatnya akan runtuh pada akhirnya. Termasuk sejarah masa lalu bangsa kita sendiri yang terjajah sekian lama karena kurangnya kesadaran akan paham ini.

Dalam perjalanan bangsa ini, kita mengenal nama KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih populer dengan panggilan Gus Dur sebagai salah seorang tokoh yang gencar memperjuangkan semangat pluralisme.

" Kemajemukan harus dapat diterima tanpa adanya perbedaan," demikian bunyi sebuah kutipan dari Gus Dur tentang pentingnya semangat pluralisme.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline