Lihat ke Halaman Asli

Diseminasi Pembuatan Media Pembelajaran Interktif untuk Mengembangkan Keterampilan Abad-21 Siswa

Diperbarui: 24 Mei 2025   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pamflet Diseminasi

Kota Bandung -- Mahasiswa Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia berhasil melaksanakan diseminasi pembuatan media pembelajaran interaktif guna mengembangkan keterampilan Abad-21 siswa sekolah dasar. Mahasiswa yang ditugaskan dalam program diseminasi ini sebanyak 4 orang yaitu (Anti Muthmainnah, Aulia Ihza Cahya, Bunga Rosalina, dan Dede Supriyanto).

Program diseminasi ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa membuat dan merancang media atau bahan ajar interaktif yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, guru-guru di sekolah dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengelaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Kegiatan dilaksanakan pada 23 Mei 2025 pukul 19.30 WIB melalui platform Zoom Meeting dan dihadiri kurang lebih dari 3o peserta yang terdiri dari guru sekolah dasar dan mahasiswa. 

Selama diseminasi berlangsung, peserta terlihat antusias menyimak berbagai media pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa. Beberapa contoh media yang dipresentasikan antara lain aplikasi berbasis iSpring, flipbook, video animasi interaktif, dan multimedia presentasi berbasis canva. Media-media ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih dinamis, kolaboratif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital.

Media Pembelajaran Canva

Media Pembelajaran Canva

Media Pembelajaran iSpring

Penerapan media pembelajaran interaktif tentunya memberikan dampak signifikan dalam pengembangan empat keterampilan utama Abad-21 (4C) siswa, yaitu:

  1. Critical Thinking (Berpikir Kritis) – Media interaktif mendorong siswa untuk menganalisis informasi secara mandiri melalui simulasi dan problem-based learning.

  2. Creativity (Kreativitas) – Penggunaan animasi, gamifikasi, dan proyek digital memicu siswa untuk mengekspresikan ide-ide inovatif.

  3. Collaboration (Kolaborasi) – Fitur diskusi online dan proyek kelompok dalam media digital melatih siswa bekerja sama lintas platform.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline