Lihat ke Halaman Asli

ARAYRI

TERVERIFIKASI

Adzra Rania Alida Yasser Rizka

Jangan Mainkan Harga

Diperbarui: 5 Maret 2020   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saat wabah korona melanda dunia, masih ada saja pihak yang memainkan harga masker dan juga pembersih tangan (hand sanitizer). Malah ada yang menimbun barang. Tentunya yang seperti itu sangat tidak baik karena hanya membuat orang makin susah. Dan itu adalah kezaliman.

Dalam Islam, Allah SWT berfirman,"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan bathil, kecuali dengan perniagaan yang berlaku, dengan suka sama suka di antara kamu" (surat AnNisa ayat 29)  

Dari ayat di atas jelas, kita tidak boleh mencari uang dengan cara yang tidak sah (bathil), tetapi berniagalah dengan aturan yang berlaku di masyarakat, atau yang sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli di mana mereka saling ridho.

Menimbun barang seperti masker dan pembersih tangan juga tidak diperbolehkan, ada hadits menyebutkan "yang menimbun barang itu mendapat laknat". Jadi jangan sekali-kali mencobanya, azab Allah akan menunggu di dunia maupun akhirat.

Oleh karena itu hindarilah memainkan harga dan menimbun barang, agar persoalan yang kita hadapi saat ini dimudahkan, kita tidak menyusahkan orang, dan agar rezeki kita diridhoi Allah SWT.    

Wallahualam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline