Lihat ke Halaman Asli

Adrian Chandra Faradhipta

TERVERIFIKASI

Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Eiger yang Salah Geber Serta Fenomena Ulasan di Media Sosial

Diperbarui: 30 Januari 2021   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan Layar @duniadian atas Surat Keberatan Eiger Terhadap Konten Youtubenya. Sumber: Tangkapan Layar Twitter @duniadian via Kompas.com

Eiger menjadi trending topic di Twitter setelah membuat surat keberatan kepada salah satu Youtuber bernama Dian Widiyanarko yang mengulas tentang salah satu produk Eiger di kanal Youtube-nya.

Surat ini pun diunggah oleh akun Dian di @duniadian dengan ekspresi keheranan karena keberatan pihak Eiger yang kurang berdasar serta ulasan dari produk yang dia beli sendiri bukan endorse-an. Tak ayal setelahnya Eiger menjadi bulan-bulanan warganet karena dianggap terlalu berlebihan dalam merespon konsumennya yang mengulas produk-produk Eiger di media sosial termasuk Youtube.

Di dalam surat tersebut lucunya Eiger bekeberatan karena lebih ke aspek teknis dari pembuatan konten Youtube semisal suara, kualitas gambar dan latarnya bukan kepada kualitas produknya

Setelah menerima respon negatif dari para konsumennya akhirnya Eiger pun mengeluarkan surat pernyataan maaf atas apa yang telah lakukan dan mengaku tindakan tersebut tidak tepat dan salah meski niat mereka adalah memberi masukan agar kualitas konten dapat lebih baik.

Indikasi Strategi Marketing

Setelah menjadi bahasan di lini masa, banyak pihak juga yang menduga bahwa ini adalah gimmick semata dari Pihak Eiger, agar kembali dibicarakan oleh khalayak dan pada akhirnya meningkatkan penjualan apalagi di tengah kondisi sulit saat pandemi kali ini.

Terlepas benar atau tidaknya gimmick tersebut, namun benar saja Eiger kembali menjadi topik pembahsan sebagai salah satu merek perlengkapan outdoor asli Indonesia terdepan

Tidak hanya itu ternyata para pesaing Eiger pun ramai-ramai mengeluarkan diskon ataupun memberikan surat sindiran agar para konsumen dan non konsumennya untuk secara bebas mengulas produk-produk mereka tanpa harus khawatir ditegur oleh pihak perusahaan. Contohnya adalah akun Instagram @areioutdoorgear yang justru mengunggah Surat Keringanan sebagai sindiran Surat Keberatan dari Eiger.

Unggahan Surat Keringanan Akun @areioutdoorgear. Sumber: Tangkapan Layar Instagram @areioutdoorgear

Sisi positifnya dengan kejadian ini banyak juga konsumen-konsumen dalam negeri yang mulai kembali melirik produkk-produk outdoor sejenis terutama dari dalam negeri di tengah seretnya penjualan produk outdoor selama pandemi ini terjadi.

Youtuber HayanTree yang Salah Review Makanan yang Mebuat Restoran Terkait Tutup. Sumber: Youtube Cipicus

Kepuasan Pelanggan dan Fenomena Ulasan di Media Sosial
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline