Lihat ke Halaman Asli

01 Abyan Eka

Mahasiswa

Personal Branding Menjadi Kunci: UMKM Anggota UPPKA Tlogowaru

Diperbarui: 30 Mei 2025   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto diambil oleh Yulina Risky Astanti di Balai RW Kelurahan Tlogowaru

Malang, 18 April 2025 -- Bertempat di Balai RW Kelurahan Tlogowaru, kegiatan sosialisasi berjudul "Pentingnya Membangun Personal Branding bagi Pelaku UMKM" sukses diselenggarakan dan dihadiri oleh anggota Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) Tlogowaru 2. Dalam acara ini Yulina Risky Astanti mahasiswa S1 Pendidikan Luar Sekolah yang sedang magang di Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang hadir sebagai narasumber, yang memaparkan pentingnya strategi personal branding untuk menunjang keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 

Materi yang disampaikan menekankan bahwa personal branding bukan sekedar citra atau pecintraan, melaikan cerminan jujur dari nilai, karakter, serta keunikan setiap pelaku usaha. "Branding yang baik harus dibangun dari kejujuran, relevansi dengan produk, serta konsistensi dalam penyampaian pesan", ujar narasumber. Peserta juga diperkenalkan dengan berbagai cara membangun personal branding, termasuk memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi, menonjolkan keunikan produk atau diri sendiri, serta menjaga konsistensi dalam menyampaikan citra usaha. Materi yang dibawakan turut menyoroti pentingnya kemasan produk, nama usaha yang menarik, serta kualitas yang sesuai klaim. 

Peserta Kegiatan sangat antusias menyimak materi yang diberikan dan mereka juga aktif dalam sesi diskusi tanya jawab sehingga kegiatan dapat berjalan secara interaktif. Para peserta atau anggota UPKKA menyampaikan berbagai pengalaman dan tatangan dalam mengelola bisnis mereka, serta berdiskusi tentang langkah awal mereka melakukan personal branding. Salah satu peserta menyampaikan bahwa "sebenarnya kami sangat tertarik dan ingin melakukan personal branding di media sosial namun kadang kami masih malu dan bingung mau memluai dari mana". Dari pernyataan terbut narasumber menyapaikan tanggapannya bahwa "membangun personal branding di media sosial memang butuh keberanian yang besar, dan hal tersebut dapat dilakukan secara bertahap seperti memulainya dari hal kecil, contohnya mempromosikan produk melalui media WhatsApp, dengan demikian produk akan dikenal atau diketahui oleh banyak orang". 

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para pelaku UMKM di Tlogowaru untuk lebih percaya diri dalam memasarkan produk mereka dan membangun identitas usaha yang kuat di mata konsumen. Produk lokal mungkin dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan berkelanjutan dengan personal branding yang tepat.

Foto diambil oleh Yulina Risky Astanti di Balai RW Kelurahan Tlogowaru

Penulis : Yulina Risky Astanti

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline