Rahmiana Rahman
Rahmiana Rahman Social Worker

Happy Wife I Social Worker I Volunteer I Traveler I Book Reader I Currently Living in Aceh, sometimes in Makassar

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Sedikit Catatan tentang "Rentang Kisah"

16 Juli 2018   10:39 Diperbarui: 16 Juli 2018   10:49 325 0 0
Sedikit Catatan tentang "Rentang Kisah"
Bacaan

Di tengah kesibukan Aceh Peace Camp 2018, aku bahagia menyelesaikan bacaan Rentang Kisah yang kupilih untuk @2weeks1bookchallenge.

Seperti judulnya, buku ini menceritakan tentang kumpulan kisah pribadi, keluarga dan perjalanan hidup Gita Savitri Devi di Indonesia & Jerman, seorang youtuber yang ternyata introvert. Kalau penasaran seintrovert apa Gita, baca saja buku ini :)

Banyak kata-kata yang sebenarnya ringan tapi maknanya dalam yang ditulisnya dalam buku ini. Kata-katanya bisa buat kita sebagai anak muda untuk bisa berbuat lebih untuk diri sendiri dan lebih "open-minded" terhadap banyak hal. Misalnya:

kita cuma bisa mengandalkan diri sendiri untuk bisa meraih apa yang kita inginkan (halaman 66)

sedikit demi sedikit aku mulai menyuntikkan napas Islam ke dalam apapun yang kukerjakn. Entah dalam berpikir, bertindak, berbicara bahkan dalam berteman (halaman 103)

Tujuh tahun hidup di Jerman, aku mengantongi banyak pelajaran hidup. Salah satunya untuk melihat segala hal dari berbagai sisi dan untuk menjalankan hidup dgn penuh kerendahan Hati. Selama ini kekecewaan dan kesedihan yg aku rasakan adalah buah dari kesombongan dan keegoisan diri yg merasa hidup ini hanya tentang aku, aku dan aku (halaman 159)

They freaking let us do our things. They never tried to kill us like the ones in Myanmar trying to get rid of Rohingya, (halaman 174)

Kita itu nggak sadar kalau kebodohan kita adalah bumerang yang terbalik. Generasi muda yang tahu cara main media sosial, tapi nggak tahu caranya meng-inform diri mereka sendiri, itu fatal banget (halaman 188)

Konklusinya, buku ini rekomended banget untuk generasi muda yang saat ini menjadi generasi tutorial. Sehingga semakin banyak yang sadar bahwa hasil yang manis ga bisa didapat tanpa usaha maksimal, seperti usaha dan ikhtiar luar biasa seorang Gita yang menjadikannya seperti sekarang.