Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Administrasi - Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Rekreasi yang Takkan Terlupakan di Taman Safari Prigen

5 Februari 2016   22:35 Diperbarui: 10 Februari 2016   18:42 965 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Terdapat tiga taman safari di Indonesia yaitu di Safari Cisarua Jawa Barat, Safari Prigen Pasuruan Jawa Timur dan Safari Bali. Dari ketiganya, Safari Prigen yang merupakan Taman Safari Indonesia II adalah yang terluas yaitu mencapai 350 hektar. Bukan hanya itu saja, Safari Prigen adalah salah satu taman safari terluas di kawasan Asia. Hal ini tentu menjadi kebanggaan Indonesia.  

Safari Prigen adalah tempat wisata di Jawa Timur yang paling terkenal karena tempatnya begitu spesial dan takkan terlupakan oleh para pengunjungnya. Safari Prigen berada dalam wilayah Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur, tepatnya berlokasi di kaki pegunungan Arjuna. Safari Prigen yang luas tersebut menjadi rumah perlindungan alami bagi berbagai macam spesies hewan yang disesuaikan dengan habitat aslinya. Sebagaimana Taman Safari lainnya, Safari Prigen juga merupakan tempat wisata yang berwawasan lingkungan yang menyajikan berbagai hal terkait alam liar khususnya kehidupan hewan dan tumbuhan seperti di alam bebas. Banyak hal yang menyenangkan dan bermanfaat bisa dilakukan kala berwisata di Safari Prigen yaitu mengenal konservasi alam, belajar terkait hewan dan tumbuhan, olahraga yang begitu dekat dengan alam bebas, juga dapat bersenang-senang dengan berbagai atraksi dan hiburan serta aneka permainan.   

Menikmati Konservasi dan Edukasi Hewan

Terdapat 3.000 satwa dari 200 spesies yang berasal dari berbagai lingkungan di dunia, mulai dari hewan-hewan asli Indonesia seperti Gajah Sumatera hingga hewan-hewan dari luar negeri seperti Antelop, Zebra, Pinguin Humboldt dan sangat banyak lagi hewan-hewan lainnya. Koleksi hewan di Safari Prigen adalah yang terbanyak dibandingkan Safari Cisarua dan Safari Bali. Hewan-hewan tersebut khususnya yang langka, terus dijaga dan dikembangbiakkan agar lestari dan bertambah banyak untuk menghindari kepunahan.

Pengunjung Safari Prigen dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana proses konservasi untuk menyelamatkan alam khususnya hewan-hewan yang terancam punah. Safari Prigen berkoordinasi dan bekerjasama dengan institusi-institusi tingkat dunia dalam melaksanakan program pendidikan dan penelitian untuk melindungi spesies-spesies satwa liar yang langka dari berbagai belahan dunia yang terus menerus kehilangan habitatnya. Hal ini melibatkan para tenaga ahli dan profesional yang terus menerus melakukan kampanye, penyuluhan hingga pemantauan dan pengembangbiakan hewan langka.     

Pengunjung Safari Prigen akan merasakan sensasi melihat, merasakan bahkan menyentuh berbagai hewan. Safari Adventure akan membawa pengunjung berpetualang di alam bebas untuk melihat langsung dari dekat berbagai jenis hewan baik yang berasal dari Indonesia hingga yang berasal dari berbagai belahan dunia yang belum tentu bisa dikunjungi. Kawanan Antelop, Zebra, Harimau Sumatera, Singa adalah sebagian kecil yang mudah ditemui dan dilihat dari dekat dalam petualangan yang menggunakan kendaraan khusus. Selain itu juga ada tempat khusus yaitu Baby Zoo yang memberikan pengalaman bersentuhan langsung dengan anak-anak satwa liar seperti anak harimau, anak singa, dan lain sebagainya.   

Menyaksikan Aneka Atraksi dan Pertunjukan Hewan

Berbagai atraksi dan pertunjukan terkait hewan ataupun yang melibatkan hewan jinak dan terlatih disajikan secara berkala untuk pengunjung Safari Prigen. Hal ini bukan saja akan memberikan hiburan yang menyenangkan, namun juga memberikan informasi yang bermanfaat tentang kehidupan hewan dan upaya pelestariannya. Atraksi dan pertunjukan di Safari Prigen adalah Elephant Story yaitu kisah tentang kehidupan Gajah, Dolphins & Friends yaitu pertunjukan mendidik terkait mamalia laut, Jungle Boy yaitu pertunjukan anak yang dekat dengan hewan liar, Birdwatching yaitu melihat dan bercengkrama dengan burung-burung yang indah dan eksotis, Tiger Stage yaitu Harimau terlatih yang melaksanakan perintah pawangnya, Journey to The Temple of Terror yaitu pertunjukan alam yang mendebarkan, serta berbagai pertunjukan spektakuler lainnya yang melibatkan satwa dan memunculkan berbagai kejutan. Dijamin para pengunjung akan terkesima dan tidak akan bisa melupakan pengalaman yang dilaluinya.

Aneka Pengalaman Nyata yang Luar Biasa

Safari Prigen juga membuat pengunjung akan merasakan pengalaman nyata yang luar biasa dalam berinteraksi langsung dengan hewan. Tersedia tempat yang bernama Dolphin Bay bagi yang ingin merasakan pengalaman luar biasa indah kala berenang bersama lumba-lumba. Ada Safari Aquatic Land untuk melihat langsung dan dari dekat hewan-hewan akuatik yang belum pernah ditemui sebelumnya atau hanya dilihat melalui televisi dan internet seperti Linsang, Singa Laut, dan Penguin Humbolt. Bagi yang ingin berjalan-jalan di alam yang indah dan segar ala lereng pegunungan arjuna sambil menunggangi Gajah Sumatera dapat mengikuti program Elephant Tracking atau Elephant Journey. Dari atas punggung gajah pengunjung dapat melihat beraneka satwa unik dan menarik seperti Jerapah, Badak, Simpanse, Orang Utang dan banyak lagi hewan-hewan lainnya.

Aneka Permainan dan Sensasi Kuliner Spesial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan