Mohon tunggu...
Aminuddin Malewa
Aminuddin Malewa Mohon Tunggu... Freelancer - Mencoba jelajah budaya dan menelusuri narası

Penikmat narasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menggagas Museum Komunitas dari Desa Pelosok

3 Agustus 2022   15:48 Diperbarui: 3 Agustus 2022   15:50 324 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Museum (Photo by Scott Webb : www.pexels.com )

Menurut Kotler dan Levy (1969) yang dikutip oleh Fiona McLean dalam Marketing the Museum (2003), museum merupakan hal yang berbeda bagi orang yang berbeda, dia bukan entitas yang berdiri sendiri melainkan sesuatu yang mengabadikan keragaman nilai, citra dan sikap.

Tanyakan kepada generasi muda yang sedang duduk di bangku sekolah, atau orang tuanya, apakah mereka punya cita-cita untuk bekerja di museum? Sepertinya kita tidak akan menemukan kurator, misalnya, dalam daftar urutan cita-cita mereka. Ada banyak profesi lain yang dianggap lebih bergengsi untuk dikejar dan bahkan ada orang tua yang rela membayar uang pelican untuk itu.

Namun generasi muda yang sama juga yang akan mencibir kenapa pemerintah sering tidak berpihak kepada museum. Sebagian orang tua dari mereka juga yang sering menggugat agar pemerintah lebih memperhatikan koleksi dan tata tayang di museum bahkan untuk menyelamatkan artefak yang masih bertebaran di masyarakat.

Karenanya,

“......museum itu indah, membuat frustrasi, merangsang, menjengkelkan, berisi hal-hal yang mengerikan, membosankan seperti air cucian….” 

tulis McLean dalam buku di atas.

Tapi nun jauh di pedalaman Pulau Sumbawa, nan menjulang tinggi rute perjalanan menyusuri punggung gunung untuk menjangkaunya, terdapat komunitas yang dengan antusias berbicara tentang keinginan mendirikan museum di desa mereka. Antusias dengan keyakinan bahwa sumber daya lokal yang mereka miliki akan memampukan mereka mengembangkan ekomuseum, istilah yang mereka pilih untuk konsep yang mereka gagas sendiri.

Karena definisi museum sendiri sering diperdebatkan dalam beragam konteks, maka tulisan ini juga tidak akan mendebatkan penggunaan istilah itu.

Komunitas yang penulis maksud di atas adalah masyarakat Desa Batu Rotok, Kecamatan Batu Lanteh, Sumbawa di Nusa Tenggara Barat.

Apa pasal yang membawa kami ke atap Pulau Sumbawa itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan