Mohon tunggu...
Amini Farida
Amini Farida Mohon Tunggu... Guru - Kepala SMP Negeri 10 Kota Madiun

Eyang yang suka menulis berniat semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Hidup Sederhana Kunci Sejahtera

5 Oktober 2022   10:45 Diperbarui: 5 Oktober 2022   10:55 207 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Setiap manusia tentu memiliki kebutuhan kehidupan sehari-hari dan wao barangkali segudang keinginan bisa terpenuhi sehat dan selalu bisa berbahagia. Kenyataannya pasti kadangkala tak sesuai dengan harapan, yang penting kita tidak sampai merasa terlalu sedih. Nasehat sesepuh jaman dulu selalu hemat dan  tak lupa  mempraktikkan ilmu menabung.

Ingat masa kecil penulis orang tua sebagai guru saat tahun 75 -an penghasilan yang minim dengan anak yang banyak,namun mampu menuntaskan semuanya dengan baik.Karena itu hal yang dapat dipetik  siapapun secara jeli,teliti dan baik dalam mengelola keuangan rumah tangga kita,pastilah menjalani kehidupan  dengan nyaman,  aman dan berbahagia.

Ada contoh putra kerabat sebut saja Yuswa dan Yanto masih temanten baru,keduanya berpendidikan sarjana dengan penghasilan yang masih minim,maklum masa kerja sebagai ASN juga masih sedikit.Acung jempol melihat aksi mereka tak lama setelah acara resepsi  segera hengkang dari  rumah ortu,sepakat berani kontrak,berani menghadapi segala tantangan melesat kehidupan baru.

Bulan pertama mungkin tidak cukup untuk belanja satu bulan,digunakan bahan evaluasi.Saatnya mengambil strategi bagaimana bisa bertahan hidup tanpa utang.Resep jitu adalah dengan menahan diri dengan sabar  hingga diumpamakan makan pun seadanya.Asal beras telah terbeli,tinggal lauk krupuk pun jadi.

Bulan pun berganti,dengan mengamati tetangga yang bisa menjadi panutan,bolehlah sebagai sumber inspirasi untuk ditiru,bagaimana  mereka  bisa memiliki rumah,padahal yang bekerja hanya suaminya.Dari sini bisa mengevaluasi diri,kira-kira pos mana yang perlu ditekan?.

Si istri  hamil tentu nutrisi harus dicukupi,susu,sayur,protein hewani harus dihitung cermat anggaran sebulan.Barulah melangkah kebutuhan rumah tangga yang lain sabun cuci,sabun mandi,dan alat kebersihan lainnya.Prinsip belanja hanya membeli barang kebutuhan dan tegas mengatakan tidak pada barang yang hanya  bersifat  keinginan.

Bulan berikutnya  gaji suami bisa mencukupi kebutuhan  belanja rumah tangga yang masih berdua. Kebutuhan  tambahan dan wajib adalah kontrol dokter kandungan  yang lumayan demi keturunan yang baik dan sehat. Tabungan sudah mulai kelihatan hasilnya.Saatnya perlu bantuan pembantu agar  istri  tidak kelelahan.Sampai hadir buah cinta mereka.

ASI eksklusif pemberian Tuhan  sebaiknya dimanfaatkan,suami harus memahami  bahwa dengan cinta dan tanggung  jawab adalah hal yang dibutuhkan istri untuk menghasilkan produksi ASI yang berkualitas.

Dengan cara ini sangat membantu  dapat menekan pengeluaran n,tentu dapat menambah dana simpanan yang dapat digunakan kebutuhan yang lain.Mari  kita bandingkan harga susu bayi bisa  ratusan  ribu rupiah per kaleng.Jika dalam seminggu 3 kaleng,satu bulan 12-15 kaleng, maka pengeluaran dapat melambung hingga jutaan uang  hanya untuk  satu kebutuhan .Seiring bertambahnya usia si kecil tentulah kebutuhan susu makin banyak, karena itu dengan ASI anti ribet,anti basi sekaligus praktis.  Pasangan  muda  dapat menciptakan kesejahteraan keluarga,anak sehat,tabungan pun masih punya. 

Hanya saja hal yang harus diperhatikan ibu menyusui  hendaknya selalu  lebih  menjaga kebersihan,sering mandi dan tentu berganti baju yang nyaman,sehingga si kecilpun damai berada dalam dekapan.Ibu menyusui tetap perlu merawat diri,mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.Tampil sehat dan cantik adalah idaman kebahagiaan keluarga besar kita.Si kecil terus diajari kebaikan belajar mengaji,membaca maupun bernyanyi.Pendampingan ibu yang baik terhadap si kecil memungkinkan pertumbuhan anak akan menjadi anak yang cerdas.

Ibu yang hebat ini berdampak pada tugas pembantu  menjadi  ringan,karena itu pembantu pun perlu diajari  enterprenuer,bagaimana  bisa menghasilkan uang tambahan.Misalnya membuat aneka es jus,atau  es lilin kacang hijau yang bersih dan sehat,bisa dikonsumsi keluarga dan bisa dijual dititipkan kantin lingkungan atau di lembaga sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan