Mohon tunggu...
Amidi
Amidi Mohon Tunggu... bidang Ekonomi

Penceèdas Bangsa dan Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Membangun Brand Baru Lagi? Ternyata Tidak Semudah Itu

26 Juni 2025   08:23 Diperbarui: 3 Juli 2025   13:57 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membangun brand baru (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Oleh Amidi

Bagi suatu produk atau suatu perusahaan yang sudah mempunyai brand yang kuat dan dikenal konsumen, biasanya akan diburu oleh konsumen. Apa saja jenis produk atau perusahaan yang mempunyai brand yang kuat dan dikenal konsumen tersebut, selain akan diburu konsumen juga akan memberi citra tersendiri bagi konsumen.

Bagi perusahaan yang memiliki brand yang kuat dan dikenal konsumen, maka biasanya di benak konsumen akan terpatri tentang berbagai kelebihan produk atau perusahaan tersebut, berbagai pengalaman atas produk atau perusahaan tersebut, berbagai nilai (keyakinan, keandalan, kepercayaan dan lainnya) atas suatu produk atau perusahaan tersebut.

Kemudian, merek yang sekaligus sudah menjadi brand atas suatu produk atau perusahaan, biasanya akan menguasai pasar bahkan akan memimpin pasar (market leader).

Bila diperhatikan, di lapangan tidak sedikit merek suatu produk yang sekaligus menjadi merek atau nama perusahaan yang sudah menciptakan brand, akan lebih melekat di benak konsumen.

Konsumen akan lebih mudah mengenali merek suatu produk atau suatu perusahaan tersebut. Misalnya, produk otomotif, kita tahu di negeri ini sudah ada beberapa produk otomotif (motor dan mobil) yang dikenal konsumen atas brand yang dimilikinya.

Begitu konsumen menyebut atau membaca brand mereka, berbagai indikator yang melatari brand tersebut muncul dari dalam benak konsumen. Apalagi, brand produk atau perusahaan otomotif tersebut menduduki posisi "top brand".

Merek memang penting atas suatu produk, namun brand lebih penting lagi melekat pada suatu produk atau dimiliki oleh suatu perusahaan yang memproduksi suatu produk.

Merek mengacu pada nama dan identitas atau tanda pengenal yang digunakan untuk membedakan produk atau layanan dari pesaing. Sementara brand selain tentang merek itu sendiri, brand berkaitan erat dengan persepsi, citra, pengamalan yang dimiliki konsumen terhadap suatu produk atau perusahaan. (Lihat ringkasan AI)

Menciptakan Brand!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun