Apa jadinya jika kreativitas mahasiswa bertemu pengalaman guru SD dalam membuat media pembelajaran? Di SDN Lamper Lor, Kota Semarang, kolaborasi antara Amel Putri Sabrina, mahasiswi semester 6 jurusan PGSD UNNES, dan Ibu Ulfatul Laili Nur Latifah, S.Pd. selaku guru kelas 3 melahirkan Flipbook HIBERA (Hidup Bersama Alam) dengan Game Edukatif Wordwall pada Pembelajaran IPAS Topik "Para Penghuni Alam" -- media interaktif yang mengubah pembelajaran IPAS menjadi lebih menyenangkan. Inisiatif ini bermula dari diskusi sederhana pada 26 Februari 2025 tentang tantangan mengajar materi IPAS kepada anak-anak. Hasilnya? Terciptalah Flipbook HIBERA (Hidup Bersama Alam) sebagai media pembelajaran inovatif yang tidak hanya memudahkan guru dalam menyampaikan materi, tetapi juga membuat siswa antusias belajar.
Kolaborasi ini merupakan bagian dari program Bhakti Akademisi IPA Terapan UNNES yang dilaksanakan oleh mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester 6 Universitas Negeri Semarang (UNNES) bernama Amel Putri Sabrina dengan dosen pengampu mata kuliah IPA Terapan Ibu Aldina Eka Andriani, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Drs. Yuli Witanto, M.Pd. sebagai dosen pembimbing. Kegiatan ini dimulai pada 26 Februari 2025 dengan melakukan perizinan kepada Bapak Kasirin, S.Pd. Kepala Sekolah SDN Lamper Lor serta melakukan wawancara kebutuhan mitra dengan Ibu Ulfatul Laili Nur Latifah, S.Pd. selaku guru kelas 3 SDN Lamper Lor.
Dari wawancara dan diskusi bersama Ibu Ulfa, diketahui bahwa siswa terkadang masih kesulitan dalam memahami pembelajaran IPAS yang abstrak. Sehingga jika diberikan materi secara konvensional, siswa kesulitan menangkap materinya. Terbatasnya waktu dan banyaknya beban administrasi bagi guru, membuat guru tidak bisa maksimal dalam merancang media yang inovatif untuk setiap materi pembelajaran. Tergerak dari permasalahan tersebut, Amel berinisiatif merancang sebuah media pembelajaran interaktif bernama Flipbook HIBERA.
Flipbook HIBERA ini berisi materi ajar tentang IPAS Kelas 3 Bab "Hidup Bersama Alam" Topik "Para Penghuni Alam" yang berbentuk elektronik book (e-book). Materi yang tersedia tidak sekadar berisi tulisan panjang yang membosankan, tetapi di dalam Flipbook ini menghadirkan CP, TP, bahan ajar, serta konten visual yang menarik berupa foto-foto ilustrasi dan dilengkapi dengan game edukatif berbasis Wordwall yang interaktif. Siswa dapat mengakses permainan edukatif Wordwall ini melalui scan QR Code atau link yang tersedia di dalam Flipbook HIBERA.
Sebelum menerapkan media Flipbook HIBERA ini kepada siswa kelas 3, diadakan pelatihan dan sosialiasi penggunaan media ini kepada guru kelas. Sosialisasi ini berlangsung pada tanggal 16 April 2025 yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Ibu Ulfa, guru kelas 3 SDN Lamper Lor terlihat aktif mencoba langsung Flipbook HIBERA serta memberikan respon yang positif terhadap Flipbook HIBERA yang sudah dibuat.
Kegiatan selanjutnya dilakukan pada 22 April 2025, yaitu pendampingan penerapan media secara langsung pada pembelajaran IPAS di kelas 3. Mahasiswi PGSD mendampingi guru kelas dalam mengintegrasikan media Flipbook HIBERA berbasis game Wordwall ke dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran kali ini dilakukan di ruang komputer, karena memanfaatkan komputer untuk mengakses Flipbook. Guru memandu siswa mengeskplorasi materi Hidup Bersama Alam melalui bahan ajar pada Flipbook HIBERA, kemudian dilanjutkan dengan sesi permainan edukatif berbasis Wordwall. Selama penerapan, para siswa terlihat antusias dan aktif berpartisipasi.
Hal itu didukung dengan testimoni dari Ibu Ulfa dan beberapa siswa setelah penggunaan media. Mahasiswi juga menyebarkan angket bagi siswa untuk menilai keefektivitasan media Flipbook HIBERA.
"Ini pertama kalinya anak-anak menggunakan media e-flipbook yang berbentuk buku elektronik. Mereka antusias dalam membaca materi yang ada di dalam Flipbook HIBERA, lalu melihat gambar-gambar yang bervariatif dan diajak bermain game edukatif di Wordwall," ujar Ibu Ulfa saat wawancara terkait testimoni penerapan produk.
Penggunaan Flipbook HIBERA yang merupakan buku berbentuk elektronik membuat siswa kelas 3 bisa merasakan pengalaman baru dalam belajar karena belum pernah diterapkan di pembelajaran IPAS sebelumnya. Bagi guru sendiri, Flipbook HIBERA ini memudahkan dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa.
Beberapa siswa kelas 3 pun membagikan kesan mereka. "Seru main kuisnya!" ucap Diaz. Temannya, Danang, menambahkan, "Asik soalnya pake komputer, tinggal dipencet-pencet biar geser halamannya."
Melalui kolaborasi ini, terbukti bahwa sinergi antara akademisi calon pendidik dan praktisi pendidikan dapat menghasilkan media inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai solusi pembelajaran yang kreatif dan seru. Serta sebagai bentuk kontribusi nyata untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Terima kasih.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI