Mohon tunggu...
Ameliya Sarwani Putri
Ameliya Sarwani Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo!

Mahasiswa Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sistem E - Health

4 Desember 2021   19:34 Diperbarui: 11 Desember 2021   08:45 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh dalam kehidupan manuisa, misalnya dalam majunya layanan kesehatan warga dunia. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah masuk ke berbagai sektor seperti kesehatan. Pada era digital, masyarakat semakin sadar bahwa teknologi komunikasi adalah sangat cepat dalam penyebaran informasi. E-health Communication adalah upaya khusus promosi kesehatan yang dibantu oleh komputer dan teknologi lainnya yang mempunyai kesanggupan besar untuk mempromosikan perubahan perilaku yang diambil melalui karakteristik seperti kecerdasan dan akomodasi.

            Meningkatya perhatian, keinginan dan tekad hidup sehat bagi semua orang supaya meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang tinggi bisa terwujud dengan terciptanya masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia yang terlihat sebagai penduduk yang hidup dengan perilaku dan lingkungan sehat. Oleh sebab itu, dibutuhkannya rancangan  sebuah aplikasi edukasi kesehatan berlandas multimedia yang mempunyai layanan informasi mengenai pemulihan, penanganan dan pencegahan yang bertujuan supaya adanya peningkatan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk hidup sehat melalui informasi dari aplikasi kesehatan (Elisabeth, 2014)

            Teknologi komunikasi sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, seperti dari pendidikan, ekonomi, geografi, kesehatan, dan sebagainya. Keuntungan adanya kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi di era digital, sistem layanan informasi kesehatan menjadi berkembang pesat. E -- health adalah aplikasi tekonologi komunikasi jarak jauh dalam kerangka pemulihan kesehatan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berbentuk internet untuk melengkapi kebutuhan masyarakat dan para ahli kesehatan. E -- health  telah menyusun pelayanan online dan memperbesar layanan telemedicine. E-health, lebih mengarahkan pada berbagai penyediaan layanan, yaitu mengusulkan layanan Web, seperti WebMD.com. wEBmd.com menerima jumlah pengunjung yang sangat tinggi. Akan tetapi, E --health juga menampilkan kekurangan yaitu hubungan pasien dan penyedia layanan komunikasi hanya mengandalkan koneksi jaringan internet. Selain itu, akses e-health terbatas pada kalangan tertentu, khususnya bagi mereka yang tidak paham dengan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, akses e-health terbatas pada kalangan tertentu, khususnya bagi mereka yang tidak paham dengan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini berarti sosialisasi layanan informasi kesehatan yang diarahkan  melalui situs "alodokter.com" menjadi terbatas bagi masyarakat tertentu yang sudah memahami penggunaan situs tersebut. Realitas tersebut juga menjelaskan bahwa proses komunikasi yang terikat antara pengguna layanan dengan penyedia layanan menjadi sangat terbatas. Rupanya, ada masyarakat yang tidak mampu pada era ini.

            Situs "alodokter.com" menyajikan informasi kedokteran melalui penyajian kata -- kata yang mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia. Alodokter menyajikan konten kesehatan mengenai macam -- macam penyakit, obat -- obatan dan sebagainya. Konten alodokter hanya menampakan pada penelitian ilmiah dan disuntikan secara seksama oleh para dokter. Alodokter juga menyajikan halaman tanya dan jawab berbasis online dengan dokter -- dokter Indoneisa.

            Tampilan dan konten informasi kesehatan yang menarik, terkini, terpercaya dan sistemastis karena disusun secara alfabetis. Sosialisasi layanan informasi kesehatan beralas media sosial dan aplikasi pada googleplay. Pada situs "alodokter" ditampilkan juga pilihan menu yang mempermudah pengguna aktif seperti facebook, twitter dan googleplay. Pada proses sosialisasi, sistem E -- health "alodokter" juga memberikan informasi yang menyambung dengan privasi web, informasi menumpuk, dengan penerapan angket yang dipublikasikan oleh pengelola sistem E -- helath "alodokter". Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi pada sistem E -- health "alodokter" memiliki target dan sasaran yaitu pada remaja dan dewasa karena dapat mengerti cara mengakses informasi kesehatan pada situs tersebut. Menurut "alodokter" remaja mengerti cara menggunakan informasi kesehatan dalam situs tersebut.

Ditha Prasanti, and Sri Seti Indriani. 2018. “PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ‘Alodokter.Com.’” Jurnal Sosioteknologi 17(1):93–103. doi: 10.5614/sostek.itbj.2018.17.1.9.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan