Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Penyebab dan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

22 April 2021   10:27 Diperbarui: 22 April 2021   10:38 910 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyebab dan Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa
Ilustrasi dehidrasi saat puasa. (Kompas)

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan lemas dan tidak berenergi. Kondisi ini sering terjadi saat kamu sedang berpuasa, disebabkan oleh tubuh kita yang tidak mendapat asupan cairan selama 12 jam. 

Terlebih lagi, jika kamu beraktivitas di luar seharian dengan tidak adanya asupan makanan dan minuman, maka sudah dipastikan mengalami dehidrasi. Walaupun terlihat dehidrasi tidak sampai mengancam nyawa, tapi kamu tidak boleh menganggapnya sepele sama sekali ya!

Dehidrasi bisa mengganggu produktivitas dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Kamu bisa tidak berenergi dan lebih memilih malas-malasan seharian. Beberapa gejala yang timbul saat kamu dehidrasi, antara lain tubuh lemas, sakit kepala, pusing, dan mudah lelah. 

Karena pada dasarnya, tubuh manusia memang membutuhkan 70 persen cairan, maka dari itu cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi tubuh tetap normal. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Tetap Penuhi Kebutuhan Air

Meminum air saat berbuka. (Pexels)
Meminum air saat berbuka. (Pexels)

Manusia diharuskan untuk minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air. Namun, jika puasa tentu saja kita tidak memungkinkan untuk minum di siang hari. Kamu bisa terapkan aturan 2-4-2 ketika sedang berpuasa, yaitu minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur. 

Dengan rutinitas seperti itu, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh tanpa harus mengganggu aktivitas saat berpuasa. Fungsi air itu sendiri sangatlah penting bagi tubuh, yaitu sebagai zat pelarut, penyerap panas metabolisme, menjaga volume darah, serta membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh. 

Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayur. (Pexels)
Konsumsi buah dan sayur. (Pexels)

Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran selama berpuasa. Makanan sehat seperti buah dan sayur bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi, karena memiliki kandungan air yang bisa disimpan di dalam tubuh. 

Beberapa makanan yang banyak mengandung air juga bisa kamu konsumsi rutin, demi memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga bagus untuk kelancaran sistem pencernaan kamu.  Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan sulit buang air besar karena berpuasa. 

Hindari Makanan Asin Terlalu Banyak 

Makanan dengan kandungan garam tinggi. (Kompas)
Makanan dengan kandungan garam tinggi. (Kompas)

Makanan yang terlalu asin akan menyebabkan kamu mudah merasa haus. Oleh karena itu, kamu harus menghindari banyak makanan asin saat berpuasa. Hindari makanan dengan terlalu banyak garam karena akan berpengaruh kepada pengaturan cairan dalam tubuh. 

Hindari Aktivitas Terlalu Berat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN