Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Lulus Jadi Apa?

19 April 2021   13:53 Diperbarui: 20 April 2021   14:13 122 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Lulus Jadi Apa?
Ilustrasi mahasiswa. (foto: freepik.com/wayhomestudio)

Studi ilmu komunikasi mempelajari bagaimana berinteraksi dengan teman, rekan kerja, maupun pihak luar. Cara komunikasi inilah yang dianggap penting terutama untuk membangun relasi perusahaan serta mendapatkan konsumen baik secara bahasa, verbal, maupun non verbal.

Jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja paling luas dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan knowledge dan skill yang ada pada jurusan ilmu komunikasi memang dibutuhkan oleh banyak jenis pekerjaan. 

Di era digital ini, media komunikasi menjadi hal yang penting dalam menyampaikan informasi yang aktual, akurat, dan tepat waktu. Era ini mengarah pada teknologi dan kemampuan menyampaikan informasi yang dinamis dan mudah diterima masyarakat. 

Seperti hal nya perkembangan media yang sangat cepat, seperti televisi, sosial media, dan platform-platform lainnya. Teknologi dan perkembangan tersebut membuka banyak peluang bagi mahasiswa khususnya lulusan ilmu komunikasi, untuk bekerja di segala bidang perusahaan. 

6 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Skill yang Dibutuhkan

Public Relations 

Public relations. (foto: freepik.com/pressfoto)
Public relations. (foto: freepik.com/pressfoto)

Public Relations atau Hubungan Masyarakat adalah profesi utama di perusahaan yang bertugas dalam menyampaikan informasi ke publik. Seorang public relations juga bertanggung jawab dalam menciptakan image positif perusahaan di mata publik. 

Dibutuhkan skill public speaking yang memadai untuk menciptakan relasi yang bagus dengan stakeholders. Perusahaan melihat public relations sebagai strategi membentuk citra dan menjembatani antara perusahaan dengan publik. 

Selain itu, skill komunikasi strategis yang disusun seorang humas juga akan menentukan bagaimana perusahaan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Saat terjadi miskomunikasi atau kasus pada perusahaan, sudah menjadi tugas PR dalam mengatasi dan menjelaskan pada pihak-pihak terkait perihal kasus tersebut. 

Menjalani profesi PR berarti harus bisa membujuk, menarik, dan meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan mereka lah yang terbaik. Untuk mendapatkan kepercayaan publik, perusahaan melalui public relations membentuk beberapa strategi yang dinilai efektif seperti CSR, campaign, maupun CRM. 

Media

Ilustrasi live report oleh media. (foto: freepik.com/macrovector)
Ilustrasi live report oleh media. (foto: freepik.com/macrovector)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN