Mohon tunggu...
Amelia
Amelia Mohon Tunggu... Tutor - Menulis Dengan Tujuan

Penulis amatir , mencari inspirasi dan terinspirasi

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mencoba Resep Ayam Goreng Korea ala Drakor The King Eternal Monarch

18 Maret 2024   17:32 Diperbarui: 18 Maret 2024   17:38 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ayam goreng Korea dalam drama Korea - The King Eternal Monarch (Foto : Soompi)

Ayam Goreng Korea ala saya (Foto : Dokpri Amelia)
Ayam Goreng Korea ala saya (Foto : Dokpri Amelia)

Ayam goreng korea ala saya yang gak pedas (Foto : dokpri Amelia)
Ayam goreng korea ala saya yang gak pedas (Foto : dokpri Amelia)

Lee Min Ho adalah salah satu aktor Korea favorite saya. Awal saya terpincut oleh aktingnya dalam film Boys Over Flowers. Sudah lama gak nonton film Korea, tau -tau Lee Min Ho main di film baru berjudul ; The King Eternal Monarch (2020) film lama sih sebetulnya. Yang membuat perhatian saya teralihkan dari film itu adalah scene dimana Lee Min Ho memakan si ayam goreng korea. 

Adegan Lee Min Ho memakan ayam goreng Korea dalam KDrama (Foto : Pinterest)
Adegan Lee Min Ho memakan ayam goreng Korea dalam KDrama (Foto : Pinterest)

Selain itu, si ayam ini kerap muncul di chanel Youtube mukbang asmr Korean food. Acara makan -makan makanan korea. Saya pun bergegas mencari resep nya. Yang pasti, dalam mencari resep, saya akan eksekusi resep yang meminimalisir bahan - bahan. 

Ciri khas dari ayam goreng korea adalah, pemakaian saos gochujang. Saos gochujang adalah, saus merah / saus cabai khas Korea berbentuk pasta. Saus ini terbuat dari gochu-garu (bubuk cabai), beras ketan , bubuk meju (kedelai fermentasi), yeotgireum ( bubuk barley malt ). Rasa manisnya berasal dari pati beras ketan yang dimasak, dibiakkan dengan enzim sakarifikasi selama proses fermentasi. Secara tradisional, makanan ini difermentasi secara alami selama bertahun-tahun dalam jangdok (gerabah) di atas platform batu tinggi yang disebut jangdokdae. (Wikipedia). 

Saos gochujang (wikipedia)
Saos gochujang (wikipedia)

Dalam eksekusi resep ini, saya tidak memakai saus gochujang karena khawatir pedas. Karena saya memasak ini untuk anak - anak. Sehingga ada bahan -bahan yang saya skip untuk di gunakan dalam resep ini. Jadi secara tampilan hasil ayam goreng korea saya tidak merah merona seperti di drakor (drama korea). Sebagai ganti nya saya memakai saus asam manis untuk rasa manis dan asam yang segar namun tidak mencolok. 

Untuk resep saya memakai resep dari instagram delianajuanda via briliofood. Berikut saya rangkum resepnya. Resep ini saya improvisasi menyesuaikan ketersediaan bahan - bahan yang ada. 

Bahan:
- 2 dada ayam tanpa tulang, potong dadu (saya pakai ayam pentung yang di potong dua)
- 2 siung bawang putih cincang halus
- Garam untuk melumuri ayam
- 8 sdm tepung beras
- 8 sdm tepung terigu
- 2 butir telur kocok lepas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun