Mohon tunggu...
amelia sri handayani
amelia sri handayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah orang yang sangat senang mendengarkan musik, saya kadang suka membaca novel dan wattpad, saya memiliki kepribadian yang tenang dan tidak suka terburu-buru dalam mengambil keputusan, saya memiliki kepribadian yang tidak banyak bicara, dan lebih banyak diam, saya sangat suka traveling.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Aku Indonesia atau Korea?

8 September 2022   08:35 Diperbarui: 8 September 2022   08:45 195 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan negara gingseng ini pasti sudah pada kenal dan tidak asing lagikan?. 

Apalagi Negara Korea lagi banyak digandrungi oleh para remaja, anak-anak, bahkan orangtuapun ada loh terlebih lagi di negara kita sendiri, banyak masyarakat terutama anak muda yang sangat suka dengan Negara Korea terutama, budaya, fashion, Bahasa, bahkan yang paling digandrungi sekarang Kdarama, Kpop, dan masih banyak lagi. 

Banyak dari anak muda sekarang yang sangat menggemari Kpop bahkan saking cinta dan suka terhadap Kpop banyak anak muda yang berlomba-lomba  ingin ke Korea dan bisa berbahasa Korea bahkan tidak sedikit yang ingin menetap di Korea juga, saya pernah bertanya kepada teman saya yang sangat suka dengan Korea "apa yang membuat kalian suka dengan Negara Korea?".

Kemudian kebanyakan dari mereka menjawab dengan berkata " Korea itu adalah Negara yang memiliki budaya yang sangat menarik, dan juga kuliner disana membuat saya tertarik untuk ke Korea dan saya ingin bertemu dengan artis dan actor Korea yang sangat saya gemari", banyak anak muda yang bisa kita jumpai baik itu disekolah, disosmed, bahkan di lingkungan masyarakatpun kita bisa melihat bahwa pengaruh budaya Korea bagi anak muda sangatlah besar, banyak anak muda sekarang yang sangat mengikuti fashion dan budaya dari Negara tersebut. 

Penyebaran budaya Korea di berbagai Negara terutama Indonesia sangat kuat terutama dikalangan remaja, bahkan sekarang kehadiran Kpop membuat para remaja Indonesia lebih tertarik kepada budaya dinegara tersebut daripada budaya Indonesia.

Terutama anak-anak dibawah umur hingga dewasa ketika ditanya mengenai budaya Korea pasti banyak yang bisa mengetahui dan bahkan tidak sedikit yang menyombongkan diri karena mengetahui budaya yang ada di negara tersebut, berbeda ketika mereka ditanya tentang budaya Indonesia pasti mereka akan sulit untuk menjawab dan bahkan tidak tertarik untuk membahas budaya yang berada di Indonesia. 

Bahkan tidak sedikit anak muda yang merasa bangga ketika mereka dikatakan seperti warga korea dibanding mengakui jika mereka dari Indonesia, pengaruh perkpopan di Indonesia sangatlah besar bagi anak-anak dan para remaja, banyak dari mereka yang sudah tergila-gila dengan budaya Kpop. 

Bahkan banyak skincare, dan aplikasi online di Indonesia yang menggunakan kesempatan dengan menjadikan beberapa idol Kpop sebagai brand ambassador mereka karena akan mendapatkan perhatian besar.

 Ketika mereka menggunakan idol Kpop dari Korea, dan bukan hanya itu teapi banyak juga dari stasiun TV yang menyiarkan budaya, drama, dan juga acara hiburan korea dan itu memberikan perhatian besar dari para fans Kpop.

Bahkan saking berpengaruhnya Kpop terhadap fans Indonesia Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak publik untuk lebih mengenal dan menggemari drama sunda dan dangdut koplo, dan mengurangi menonton Drakor dan Kpop dilansir dari CNN Indonesia Senin, 29 Agu 2022 17:15WIB.

Pengaruh Kpop bagi remaja begitu besar sehingga banyak yang memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan, saking berpengaruhnya kadang ada beberapa remaja yang suka membeda-bedakan budaya Indonesia terutama dunia perfilman dan musik meskipun kita tahu jika Korea memang memiliki drama, music, dan budaya yang menarik bagi dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan