Mohon tunggu...
Ambae.exe
Ambae.exe Mohon Tunggu... .

Computer Application, Maintenance and Supplies

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

SD 5 Lembang Cina Jadi Nominator LBM 2019, Kemdikbud Lakukan Visitasi Lapangan

6 September 2019   11:05 Diperbarui: 12 September 2019   13:18 8 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SD 5 Lembang Cina Jadi Nominator LBM 2019, Kemdikbud Lakukan Visitasi Lapangan
Abu Latola (ketiga dari kiri) dan H Sahabuddin (ketiga dari kanan) di SDN 5 Lembang Cina Bantaeng (05/09/19).

Bantaeng. Lomba Budaya Mutu (LBM) Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) kini memasuki Penilaian Tahap 2 yakni Visitasi Lapangan.

Dari 150 nominator SD di Indonesia, satu diantaranya adalah SDN Nomor 5 Lembang Cina di Kabupaten Bantaeng. Berlokasi di Jalan Merpati, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng.

Abu Latola selaku Analis yang dimandat sebagai Tim Visitasi kemudian mengunjungi sekolah itu. Dia disambut Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin dan Kepala SDN 5 Lembang Cina, Sitti Hartati, Kamis pagi (05/09/19).

Tampak pula Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, M Basri, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris, Lurah Pallantikang, Salim Maharisandy dan Sekretaris Komite SD 5 Lembang Cina, Syarifuddin.

Hartati selaku tuan rumah dalam sambutan penyambutannya berharap semoga sekolah yang dipimpinnya dapat bersaing dengan sekolah lain di Indonesia untuk kemudian dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik.

"Semoga membawa angin segar ke tingkat nasional buat kami dan Kabupaten Bantaeng", tuturnya.

Dihadapan tim, dirinya menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten Bantaeng mendukung penuh terhadap kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Penampilan Eskul SDN 5 Lembang Cina Bantaeng berupa Kelompok Pramuka.
Penampilan Eskul SDN 5 Lembang Cina Bantaeng berupa Kelompok Pramuka.

Digambarkannya kondisi sekolah berstatus Sekolah Dasar Rujukan (SDR) itu, dimana dihuni ratusan murid dari kelas 1 hingga kelas 6.

"Kami sampaikan jumlah siswa kami 480 orang dengan 18 Rombel (Rombongan Belajar). Paling utama yang kita laksanakan di SD 5 Lembang Cina adalah penguatan karakter anak-anak didik kita", bebernya.

Sementara Guru dan Tenaga Pendidik sebanyak 23 orang. Termasuk juga guru mata pelajaran PJOK dan guru Pendidikan Agama Islam serta guru sukarela bidang studi bahasa inggris, keagamaan dan kesenian.

Penyambutan diwarnai beberapa penampilan murid diantaranya Kelompok Eskul Seni Tari, Pramuka serta Seni Sastra dan Seni Lukis. Di sekolah ini terdapat banyak Kelompok Eskul, namun tidak semua ditampilkan karena terbatasnya waktu.

Tim didampingi tetamu selanjutnya meninjau kondisi sekolah. Komponen lomba mencakup Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), pembelajaran, perpustakaan, ekstrakurikuler dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

LBM SD kali ini merupakan yang ke-6 sejak digelar pertama kalinya di tahun 2014. Visitasi Lapangan sejak minggu ketiga bulan Agustus 2019 akan memunculkan 120 nominator

Penilaian Tahap 3 yakni Grand Final akan digelar di Kota Tangerang sekitar Oktober mendatang. Mereka yang terpilih akan melakukan presentasi dan melalui proses wawancara.

Nominator LBM SD 2019 meliputi kategori Sekolah Dasar Rujukan, Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Dasar Swasta dan Sekolah Dasar Negeri wilayah 3T sebagai bentuk pembinaan terhadap SD yang ada di seluruh Indonesia. (AMBAE)


salam #AMBAE

VIDEO PILIHAN