Ambae.exe
Ambae.exe wiraswasta

Computer Application, Maintenance and Supplies

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pekan Ini Lansia Bantaeng Santap Soto Banjar, Katanya PAS

8 September 2018   22:26 Diperbarui: 8 September 2018   22:34 523 1 0
Pekan Ini Lansia Bantaeng Santap Soto Banjar, Katanya PAS
Lansia Bantaeng nikmati soto banjar di Pantai Seruni Bantaeng (08/09/2018).

Bantaeng, Sabtu (08/09). Himpunan Lansia Sayang Bunda (HLSB) Kabupaten Bantaeng lagi-lagi bersua di Pantai Seruni Bantaeng pada Sabtu pagi, 8 September 2018. Saat itu lansia bersantap soto banjar yang disajikan gratis bersama teh hangat dan air putih.

Soto banjar disajikan atas permintaan lansia 2 minggu sebelumnya atau pada pekan keempat bulan Agustus. Itu artinya pertemuan mereka kali ini yang pertama di bulan September. Dimana tiap bulan sebanyak dua kali pertemuan yakni pekan kedua dan keempat.

Menu ini diyakini cocok dengan lansia yang lebih membutuhkan makanan ekstra lembek tapi tetap bervitamin. Apalagi soto banjar disantap saat masih hangat menambah rasa gurih di lidah.

"Kita pas-lah (maksudnya cocok) dengan makanan berserat seperti ini. Kadang juga kita menikmati soto ayam dan bubur ayam. Yang pasti kita ini lansia sudah jauh dari makanan berselera anak muda", ungkap salah seorang lansia.

Soto banjar dapat menghangatkan tubuh karena mengandung vitamin A sebanyak 41 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram. Dalam setiap 100 gram yang disantap habis, soto banjar terdapat energi luar biasa sebesar 100 Kilokalori, protein sebesar 4,7 gram, karbohidrat sebesar 5,1 gram, lemak sebesar 6,7 gram, kalsium sebesar 147 miligram, fosfor sebesar 81 miligram dan zat besi sebesar 1,8 miligram.

Kehadiran HLSB Kabupaten Bantaeng sendiri berkat program Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng yang dikerja samakan dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) pada Dinas PMDPPPPA Kabupaten Bantaeng. Fitri, staf P3A yang ditemui AMBAE mengungkapkan bahwa ada 60 porsi soto banjar disajikan pagi itu.

"Kita siapkan 60 porsi soto banjar untuk 60 orang lansia yang hadir. Selain itu mereka juga nikmati teh hangat. Tapi sebagian juga memilih air putih saja", ujarnya.

Sementara Mardia Muttalib, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PP dan PKHP) menyampaikan jika sebelumnya para lansia mengikuti senam. Dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, arisan dan membahas agenda kegiatan lansia selama bulan September.

"Sejak pagi-pagi lansia sudah ada di Pantai Seruni. Selepas PNS lakukan senam, dilanjutkan senam lansia. Senamnya khusus, gerakannya tidak sama dengan senam yang umum. Terakhir mereka dicheck-up kesehatannya oleh Tim Public Safety Center (PSC 119) Bantaeng. Tapi ada juga yang check-up sebelum senam," tutur Mardia. (AMBAE)


salam #AMBAE