Mohon tunggu...
Amaranggana Btari Ardana
Amaranggana Btari Ardana Mohon Tunggu... Pelajar

Seorang Pelajar dari Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Upaya Menjaga Kesehatan di Musim Pandemi

18 Juni 2021   16:40 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:59 24 1 0 Mohon Tunggu...

Kesehatan adalah kondisi dimana dalam kondisi yang baik ataupun sejahtera, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun social. Kesehatan dalam konteks ini adalah kesehatan secara fisik. Dimana kesehatan fisik sekarang sedang diuji pada pandemic COVID-19, akan ada banyak virus yang memasuki tubuh melewati udara maupun sentuhan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan fisik kita dari luar maupun dalam.

Di Semarang sendiri menurut Siaga Corona Kota Semarang, sudah terdapat 45.629 kasus yang terkena positif, dengan kasus sembuh 32.099 dan kasus meninggal sebanyak 2.237 kasus. Sebagai masyarakat Kota Semarang, dapat melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan cara menjaga kesehatan tubuh. Berikut upaya menjaga kesehatan.

  • Berolahraga. Dengan berolahraga akan meningkatkan curah jantung dan meningkatkan otot yang bermanfaat untuk oksigen dari darah. Menurut WHO merekomendasikan latihan fisik selama 150-300 menit dengan intensitas sedang. Olahraga dalam dilakukan di rumah tanpa keluar rumah dan bertemu banyak orang.
  • Menjaga pola makan. Menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang dapat memperkuat daya tahan tubuh kita di masa pandemic ini. Selain itu dapat meningkatkan imun tubuh kita. Dan sebaiknya kita menghindari makanan yang berminyak, makanan instan, dam minuman instan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
  • Vitamin C. Vitamin C sangat penting dalam menjaga system imun agar tetap kuat, dengan cara membersihkan sel-sel yang lama dan menggantinya dengan sel-sel yang baru.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh di saat pandemic COVID-19 ini. Dengan cara selalu rutin berolahraga di rumah dengan alat yang dimiliki, selalu menjaga pola makan dengan nilai gizi yang baik akan lebih baik jika menghindari makanan yang tidak bergizi, dan sebagai tambahan selalu mengonsumsi vitamin c untuk membantu imun tubuh kita. 

Selalu menggunakan masker jika berpergian maupun keluar rumah dan jangan lupa untuk membawa hand sanitizer sebagai alat pembersih tangan kita sehabis memegang sesuatu.

VIDEO PILIHAN