Edukasi

Pengertian Bermain dan Permainan

22 Maret 2019   17:14 Diperbarui: 22 Maret 2019   17:21 113 0 0

Bermain dan permainan adalah hal yang sangat penting bagi anak. Bermain menjadi salah satu cara untuk membantu mengembangkan berbagai aspek pada anak usia dini. Sebelumnya, mari kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu bermain? Dan apa yang dimaksud dengan permainan? Karena dua hal ini adalah dua hal yang serupa tapi memiliki perbedaan.

Bermain menurut Piaget (1951) merupakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang demi kesenangan. Sedangkan menurut pendapat Elizabeth Hurlock (1987) bermain merupakan setiap kegiatan yang dilakukan dengan kesenangan tanpa memikirkan hasil akhir. Pada definisi umumnya, dalam term psikologi, didefinisikan oleh Joan Freeman dan Utami Munandar (1991) bahwa bermain adalah suatu aktifitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh baik segi fisik, moral, intelektual, sosial dan emosional.

Mulyadi (2004) memberikan 5 definisi tentang bermain, yaitu: 1. Sesuatu yang menyenangkan dan memiliki nilai intrinstik pada anak, 2. Tidak meiliki tujuan ekstrinsik, motivasinya lebih bersifat intrinsic, 3. Bersifat spontan dan sukarela, tidak ada unsur keterpaksaan dan bebas dipilih oleh anak, 4. Melibatkan peran aktif keikut sertaan anak, 5. Memiliki hubungan sistematik yang khusus dengan sesuatu yang bukan bermain, seperti kreativitas, pemecahan masalah, belajar Bahasa, perkembangan sosial dan sebagainya.

Permainan menurut KBBI adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, barang atau sesuatu yang dipermainkan. Ada beberapa ahli yang menjelaskan teori tentang permainan. Menurut Gross, permainan harus dipandang sebagai latihan fungsi-fungsi yang sangat penting dikehidupan dewasa nanti. Sedangkan menurut Schaller, permainan memberikan kelonggaran sesudah melakukan tugas dan sekaligus mempunyai sifat membersihkan, ia berpendapat bahwa permainan adalah kebalikan dari bekerja.