Mohon tunggu...
amandanasution73
amandanasution73 Mohon Tunggu... Freelancer - penulis lepas

aku suka nulis, nonton, suka semua yang berbau seni. yah...biasa aja deh

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Yulia Astuti Resmikan Cabang Moz5 di Cibinong

31 Desember 2023   21:31 Diperbarui: 31 Desember 2023   21:37 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum, Readers

Memulai sebuah usaha itu tidak sekedar punya modal dan punya ide ternyata, Readers. Tapi juga perlu keberanian, perhitungan, fokus dan kesabaran. Dan pastinya dapar ridho dari Allah, Readers.

Ini yang dicontohkan oleh Yulia Astuti, Founder dari salon Moz5 yang pada Jum'at tanggal 29 Desember kemaren membuka cabang ke 28-nya di jalan Tegar Beriman no. 25, Pakansari, Cibinong. 

Yulia menceritakan bagaimana awalnya merintis salon Moz5 hingga saat ini sudah memiliki 28 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Palembang dan Tasikmalaya.

"Moz5 ini dimulai 22 tahun yang lalu. Dimulai dari kebutuhan saya yang waktu itu sebagai wanita yang bekerja dan membutuhkan relaksasi dengan melakukan perawatan. Kebetulan sekali kulit saya kan sensistif, jadi tidak bisa pake sembarangan produk dan kalau ke salon sering merasa ga nyaman, karena kebanyakan salon tidak khusus untuk wanita. Dari modal yang sangat terbatas saya memberanikan diri membuka salon kecil di bekas warung. Sebenarna Bapak yang punya warung menawarkan Saya 1 toko, tapi buat saya kemahalan waktu itu. Akhirnya warung si Bapak diiklaskan buat saya sewa. Begitu pun juga perlengkapan lainnya, saya mendapat bantuan dari Allah melalui banyak orang yang tidak saya kira-kira." Begitu motivasi yang diberi Yulia buat kita-kita yang mau memulai usaha.

Tidak hanya sekedar bikin salon khusus wanita, Readers. Yulia juga memproduksi sendiri semua materi yang digunakan untuk perawatan di salon Moz5. Nah untuk produk kecantikannya dia kasih nama Moayu yang dibuat dari bahan-bahan alami, Readers. Jadi aman buat Readers yang kulitnya sensitif.

dok pri
dok pri

BTW, Readers. 

Aku sudah sih nyoba pake shampoo dan conditioner chocolate dari Moayu. Kalo shampoonya sih bening ya, tapi aroma coklatanya tidak terlalu nyata gitu. Tapi lembut banget, termasuk busanya, lembut. Nah conditioner-nya sendiri ini menarik, waktu aku pump wujudnya dah kayak chocolate yang dicairkan dengan aroma chocolate yang lembut dan khas coklat. Liat wujudnya, jadi pengen jilat conditionernya dong. Dan saat dipakai, itu lembut banget. Dan ga susah waktu aku bilas.

Untuk perkembangan bisnisnya sendiri, Yulia mengakui yang paling sulit itu adalah perkrutan karyawan. Karena harus memperhatikan lokasi salon dengan tempat tinggal karyawan, diusahakan tidak terlalu jauh.

dok pri
dok pri

"Sementara ini kami tidak memikirkan untuk sistem kerjasama kemitraan, semua cabang milik pusat. Karena kami harus memastikan setiap pelanggan mendapatkan pelayanan yang seharusnya." Jelas Yulia yang mengutamakan pelayanan untuk pelanggan dan juga kesejahteraan karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun