Mohon tunggu...
Amalia Mumtaz Nabila
Amalia Mumtaz Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pop-culture entusiast who loves to write what's on her mind.

obrolanku yang lainnya: kunciperak.wordpress.com ll email: amaliamtznbl@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Dinner is Served, Kritik Praktik Representasi Budaya dari Disney+

7 September 2021   06:00 Diperbarui: 7 September 2021   06:00 131 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dinner is Served, Kritik Praktik Representasi Budaya dari Disney+
Dinner is Served | Disney+

WARNING: Spoiler Review!

Sneak-peek

Sinopsis Dinner is Served | Disney+
Sinopsis Dinner is Served | Disney+

Dinner is Served adalah film pendek yang termasuk ke dalam seri Launchpad yang diproduseri Walt Disney Studios Motion Pictures. Film yang berdurasi 20 menit ini dirilis di Disney+ pada 28 Mei 2021.

Film ini bercerita sepuatr Xiaoyu yang merupakan seorang siswa asal Cina yang menghadiri sekolah asrama American Westmoreland. Dia bekerja sebagai pencuci piring untuk ruang makan mewah sekolah dan bercita-cita menjadi Maître D', sesuatu yang tidak pernah dilamar oleh siswa internasional lainnya. 

Teman-temannya, Mei dan Gang, mengolok-olok ambisi Xiayou. Maître D' saat itu, Allen, melihat minat Xiayou dan membantunya mencoba mempersiapkan uji coba untuk menggantikannya sementara Kepala Sekolah Gustafson juga mendorongnya untuk mencoba. Setelah menghadapi ujian, Xiayou menyadari bahwa hidup bukan tentang menjadi luar biasa, tetapi bagaimana untuk tetap mencoba yang terbaik.

Review

Salah satu adegan pada film Dinner is Served | Disney+
Salah satu adegan pada film Dinner is Served | Disney+

Representasi budaya nampaknya sedang digarangkan di Amerika sana beberapa tahun belakangan ini. Dari yang saya pahami, tujuan dari kampanye ini adalah untuk memberikan "lahan" kepada sebuah golongan untuk memperkenalkan golongannya secara adil.

Hal ini dilakukan untuk menghindari stereotip yang ujungnya hanya memberikan penilaian subjektif terhadap golongan tersebut. Stereotip yang awalnya hanya berupa "penilaian" bisa berakibat fatal jika persoalannya sudah berat.

Tampaknya hal ini yang masih menjadi permasalahan di Amerika hingga saat ini terhadap warga minoritasnya. Contoh, stereotip terhadap ras kulit hitam yang dianggap memiliki gaya hidup sembarangan (berjudi, memakai narkoba, mabuk-mabukan, miskin, dan sebagainya). 

Salah satu adegan pada film Dinner is Served | Disney+
Salah satu adegan pada film Dinner is Served | Disney+

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan