Mohon tunggu...
Dina Amalia
Dina Amalia Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Life's a test, yes, but you go toe-to-toe. You don't give up, no, you grow.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

6 Keuntungan Chatbot Customer Service untuk Tingkatkan Performa Bisnismu

3 Agustus 2021   10:45 Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:12 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Ingat SimSimi? Chatbot yang pernah populer di awal 2000-an? Untuk yang sudah pernah mecoba menggunakan aplikasi SimSimi, pasti sudah tidak asing lagi dengan pengalaman 'ngobrol sama robot'. 

SimSimi merupakan teknologi chatbot yang memungkinkan para penggunanya berbalas pesan dengan robot SimSimi mengenai percakapan-percakapan ringan sehari-hari. Bener-bener hiburan, deh.

Saat ini, teknologi chatbot bukan hanya dimanfaatkan untuk menghibur manusia-manusia kesepian saja, tapi juga dimanfaatkan oleh pemilik bisnis, perusahaan, lembaga keuangan, layanan publik dan kesehatan, serta banyak bidang lainnya untuk memaksimalkan pelayanan mereka. Yap, itulah chatbot customer service.

Sudah pernah dilayani oleh chatbot customer service? Rasanya mayoritas dari kita sudah pernah merasakan pengalaman dilayani oleh chatbot customer service, karena memang chatbot ini sudah sangat menjamur. Dipakai oleh banyak perusahaan besar, pusat pelayanan publik, atau lembaga-lembaga keuangan.

"Ketik 1 untuk Informasi. Ketik 2 untuk Pendaftaran. Ketik 3 untuk..." Kira-kira semacam itulah contoh percakapan dari chatbot yang sering kita terima. Bagi si pemilik usaha yang memanfaatkan chatbot, chatbot ini tentu menguntungkan mereka dari banyak faktor. 

Chatbot Customer Service

Apa aja sih keuntungan menggunakan chatbot customer service?

1. Mampu menerima, memproses dan merespon pesan pelanggan dalam waktu singkat. Didukung data dari Business2Community, 82% pengguna nyaman menggunakan chatbot yang bisa menjawab kebutuhan mereka dengan cepat dan tepat.

2. Bisa selalu aktif selama 24 jam sehari. Sistem customer service yang menggunakan chatbot bisa dijalankan meskipun tidak ada agen manusia yang hadir, sehingga siap sedia kapanpun pengguna membutuhkan informasi. 

3. Mengurangi biaya operasional hingga 30% karena optimalisasi dari customer service sudah didukung oleh chatbot. Dengan demikian, kebutuhan perusahaan akan sumber daya manusia bisa ditekan. Biaya chatbot pun relatif sangat terjangkau.

4. Mampu menjawab pertanyaan repetitif dalam jumlah banyak. Customer service seringkali mengerima jenis pertanyaan repetitif atau frequently asked question (FAQ). Penggunaan chatbot sangat efisien untuk menjawab pertanyaan repetitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun