Mohon tunggu...
Amalia Ghina
Amalia Ghina Mohon Tunggu... Lainnya - Hiduplah seperti slogan Chitato 'Life is never flat'

Seorang mahasiswi dari Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sejarah Pendidikan Islam

10 Juli 2020   22:57 Diperbarui: 10 Juli 2020   22:44 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

     1. Pengertian Sejarah

         Secara Etimologi

 Sebelum mengetahui lebih jauh tentang sejarah pendidikan Islam, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Secara bahasa    sejarah dalam Arab yaitutarikh atau sirah ilmu tarikh, tarikh yang berarti ketentuan masa atau waktu, ilmu tarikh yakni ilmu yang membahas suatu     peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa. Sedangkan dalam bahasa Inggris, sejarah yang kita ketahui disebut dengan history yang artinya               uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly descriphon of past).

        Secara Terminologi 

 Selanjutnya secara istilahsejarah yaitu sejumlah kejadian-kejadian atau peristiwa penting yang terjadi di masa lalu dan benar-benar terjadi pada            individu dan masyarakat sesuai dengan kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi.

    2. Pengertian Pendidikan Islam

 Berikutnya pendidikan Islam adalah suatu proses bimbingan seorang pendidik pada perkembangan rohani, jasmani dan juga akal peserta didik ke          arah terbentuknya kepribadian muslim dan muslimah yang baik. Karena pendidikan Islam adalah instrumen yang dapat membantu untuk                        menuntun perkembangan dan pertumbunhan hidup manusia kepada titik ideal kapasitasnya untuk mendapatkan atau memperoleh ketentraman            hidup di dunia dan kebahagiaan hidup akhirat.

B. Metode Sejarah Pendidikan Islam

     Terkait dengan metode sejarah pendidikan Islam, walaupun terdapat hal-hal yang bersifat spesifik, berlaku pada kaidah-kaidah yang ada di dalam penulisan sejarah. Sejarahwan sebisa mungkin harus memahami alat-alat analisis untuk bisa membandingkan kebenaran materi-materi sebenarnya, dan perpaduan untuk menggabungkan dan menafsirkan materi-materi tersebut kedalam kisah yang penuh makna, sebagai seorang ahli, sejarahwan harus mempunyai suatu bentuk berpikir kritis baik dalam mengaplikasikan sumber-sumber. Lalu untuk mengetahui sejarah pendidikan Islam dibutuhkan suatu pendekatan atau metode yang bisa ditempuh yaitu keterpaduan antara metode deskriptifm metode kompratif dan metode analisis sintesis. Dengan menggunakan metode deskriptif, ajaran-ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi SAW, yang tercantum didalam Al-Qur'an yang diterangkan oleh As-sunnah, terkhusus yang langsung berhubungan dengan pendidikan agama Islam dapat dilukiskan diterangkan sebagaimana adanya.

Sedangkan metode kompratif mencoba membandingkan antara ajaran Islam tentang pendidikan dan tuntunan fakta-fakta pendidikan yang hidup serta berkembang pada masa dan tempat tertentu. Dengan adanya metode ini kita dapat mengetahui persamaan maupun perbedaan yang ada pada dua hal tersebut sehingga dapat diajukan pemecahan yang mungkin keduanya apabila terjadi ketimpangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun