Mohon tunggu...
Alya Sabilah
Alya Sabilah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Longlife learner

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNiversitas Sebelas Maret: Supporting Pemahaman Masyarakat Terkait COVID 19

5 Juli 2020   13:22 Diperbarui: 5 Juli 2020   13:12 16 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID 19 menimbulkan adanya kebiasaan-kebiasaan baru yang belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Melalui adanya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) oleh Universitas Sebelas Maret di era pandemi COVID 19 cukup memberikan manfaat terutama untuk masyarakat Kelurahan Simpang III Sipin, Kota Jambi. Kegiatan ini dilakukan oleh Alya Sabilah Siregar NIM G0017023 dengan dosen pembimbing Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc di Perumahan Yeyes Lestari 1 Kelurahan Simpang III Sipin, Kota Jambi dan dilaksanakan selama 32 hari.

Kegiatan KKN dilakukan dengan memberikan edukasi melalui berbagai platform media sosial (berupa poster dan video) dan edukasi langsung kepada masyarakat. Edukasi yang dilakukan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Masyarakat mendapat informasi baru mengenai pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bagaimana cara mencuci tangan yang benar, serta etika batuk dan bersin yang benar untuk mencegah terjadinya transmisi virus. Selain itu, dilakukan juga edukasi mengenai pentingnya social distancing sesuai protokol Kementerian Kesehatan RI. Selanjutnya, kegiatan KKN ini juga memberikan tips dan trik bagaimana menjaga kesehatan mata (khususnya bagi pelajar dan mahasiswa) di era pandemi yang menuntut banyak kegiatan dilakukan secara daring dan berlama-lama di depan layar gadget.

Edukasi langsung kepada masyarakat dibarengi dengan pembagian masker dan handsanitizer sembari memberikan contoh yang benar terhadap penggunaannya. Selain itu, untuk menunjang ketahanan pangan masyarakat, dilakukan pembagian bibit sayuran dan edukasi penanamannya. Dari sini, diharapkan masyarakat mampu menyediakan pangan secara mandiri melalui kegiatan berkebun dan menanam bibit. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu pengecekan suhu secara berkala dan pemeriksaan fisik. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mampu mengetahui deteksi dini terjadinya infeksi, yaitu dengan salah satu tanda demam.

VIDEO PILIHAN