Mohon tunggu...
Yoane Alya Afandi
Yoane Alya Afandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Eksistensi Wayang Golek di Tengah Era Digitalisasi

2 Juli 2022   12:33 Diperbarui: 2 Juli 2022   12:55 199 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Wayang golek merupakan salah satu kesenian khas Jawa Barat yang sangat populer dan dicintai oleh masyarakat Sunda. Wayang sendiri memiliki banyak jenis dan berbeda nama disetiap daerah, ada Wayang Kulit, Wayang Klitik dan lain-lain. Namun ditengah gempuran era digitalisasi masa kini apakah Wayang Golek masih eksis dan masih diketahui oleh banyak anak muda?

Jika pada era tahun 2000-an masyarakat akan berkumpul dan duduk disebuah lapangan yang luas untuk menunggu pertunjukan Wayang Golek. Setiap dalang memiliki ciri khasnya sendiri dalam mendalangkan maupun melaksanakan ritual sebelum mendalang Wayang Golek, hal tersebut sebagai bentuk menghormati karuhun atau para leluhur. Wayang Golek biasanya hadir dalam perayaan, baik hajatan dalam rangka khitanan, pernikahan dan lain-lain yang  diriingi dengan pertunjukan wayang golek.

Pada hari Sabtu tanggal 25 Juni 2022, Pemkab KBB (Pemerintah Kabupaten Bandung Barat) mengadakan sebuah pagelaran Wayang Golek dalam rangka merayakan HUT-KBB yang ke-15 tahun. Acara tersebut berlangsung dari jam 19.00 WIB sampai jam 23.30 WIB. Dalam menyambut acara tersebut terlihat banyak sekali masyarakat dari yang muda maupun yang sepuh, terlihat antusias dengan adanya pementasan Wayang tersebut. 


"Ini pertama kalinya sih nonton Wayang, sebelumnya gak pernah. Tapi pernah belajar dikit-dikit tentang Wayang soalnya dulu pernah belajar juga di SMP kalau gak salah terus penasaran juga sama pementasan Wayang soalnya bapak sering cerita kalau dulu suka liat Wayang pas masih muda-nya. Ternyata kayak gini ya, tertib gitu gak usah disuruh duduk udah pada duduk sendiri." Ucap Yaswa seorang Pelajar kelas 10 SMA yang sedang menonton pertunjukan Wayang di Pemkab KBB pada malam hari itu. 

Pada jaman digitalisasi masa kini mungkin kita bisa mengakses pagelaran Wayang Golek dimana saja, diberbagai platform. Namun tetap saja berbeda sensasinya ketika menonton pagelaran Wayang Golek secara langsung. Pada tanggal 8 Mei 2021 Humas Jabar juga melaksanakan Pagelaran Wayang Golek secara Virtual yang bisa diakses di Channel Youtube Humas Jabar.

Biasanya setiap pagelaran Wayang golek selalu ada pasar malam atau banyak jajanan disekitar venue atau tempat pagelaran Wayang, mungkin itu bisa menjadi daya tarik tersendiri, menonton Wayang sambil kulineran bersama orang terkasih. Tidak hanya makanan namun diacara Pemkab KBB juga banyak sekali yang menjajakan souvenir berupa Wayang Golek kecil, angklung, baju pangsi dan souvenir lainnya yang berhubungan dengan budaya Sunda. 

DENGARKAN PODCAST 6 WAYANG TERPOPULER DI INDONESIA, KLIK LINK INI!

Menghadiri pagelaran Wayang Golek bisa menjadi sarana Masyarakat untuk mengenalkan adat dan kesenian khas Sunda sejak dini kepada anak mereka. Selain itu, para orang tua juga bisa membuat memori yang akan dikenang dikemudian hari. Mari kita jaga dan lestarikan, kalau bukan kamu? siapa lagi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan