Mohon tunggu...
Alvi Yatun
Alvi Yatun Mohon Tunggu... ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Puisi adalah tempat saya mencurahkan isi hati saat melihat suatu hal yang menggelitik pikiran ataupun saat mengalami kegalauan dan kebahagiaan hati. Dengan membuat sebuah karya dalam bentuk tertulis berharap bisa menginspirasi dan menebar manfaat ke semua orang.

Blog : https://alviyatunyudi.blogspot.com/ Pesan : Proses belajar berjalan sepanjang hayat, proses sabar dan ikhlas menerima dan menjalani segala ketentuan Allah dengan ikkhtiyar yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Indahnya Hidup Bertetangga

9 April 2021   02:31 Diperbarui: 9 April 2021   02:43 99 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indahnya Hidup Bertetangga
Ilustrasi: kumparan.com; desain: Canva

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tetangga adalah orang yang rumahnya berdekatan. Semua yang saling berdekatan rumahnya dengan kita adalah tetangga kita. Mempunyai tetangga adalah satu keberuntungan dan bahkan kebahagiaan tersendiri. Beruntung karena kita tidak hidup sendiri di tempat tersebut, sehingga setiap hari bisa menjalin hubungan baik, tukar pikiran dan pula saling menolong.

Mempunyai tetangga juga menimbulkan kebahagiaan tersendiri, di mana suatu saat kita sedang mengalami kesulitan atau kesusahan, ada yang menghibur dan membantu. Padahal mereka bukan saudara atau famili kita. Tetapi kehadiran tetangga membawa ketenangan tersendiri. Sehingga ada falsafah yang mengatakan, saudara terdekat kita adalah tetangga.

Apalagi bagi yang tinggal di pedesaan seperti saya. Tinggal di dusun meskipun jauh dari perkotaan, tetapi banyak hal yang tidak bisa didapatkan di kota. Saya sangat bersyukur bisa tinggal di dusun, karena:

- Rasa gotong royong masih sangat kental dan dijunjung tinggi. Setiap ada kegiatan dusun seperti pengecoran jalan dusun, pembangunan masjid, perbaikan parit, bersih desa, dan masih banyak kegiatan lain, akan dikerjakan secara bersama dan tidak memungut upah. Keperluan konsumsi kegiatan dilakukan secara bergilir dan berkelompok. Mereka mengerjakan dengan ikhlas dan gembira.

- Selalu bermusyawarah sebelum melakukan kegiatan yang bersifat untuk kepentingan bersama, melibatkan peran para orang tua, tokoh masyarakat, peran pemuda, dan peran kaum ibu. 

Demikian juga jika ada salah satu warga yang akan mengadakan hajatan, ia cukup minta tolong tetangga kanan kiri dan warga sekitar untuk pelaksanaan acaranya. Semua dirembug Bersama dengan rasa kekeluargaan. Adanya perbedaan pendapat itu hal biasa dan sering terjadi, tetapi semua dipertimbangkan dan diputuskan mana yang terbaik.

- Saat ada kejadian mendadak atau hal yang tak terduga, para tetangga bahu -- membahu mengulurkan tangan dan menolong. Contoh saat ada warga yang meninggal dunia, kaum tua, muda, laki dan perempuan membaur memberikan pertolongan tanpa diminta. Kebutuhan dicukupkan para tetangga terlebih dahulu.

- Tinggal di dusun, terasa damai, karena suasananya lebih tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kendaraan ataupun bisingnya suara pabrik.

- Udara masih segar, oleh karenanya sangat baik untuk kehidupan paru-paru. Ini kentara sekali terutama pada pagi hari. Segarnya udara ini dikarenakan masih banyaknya pepohonan tumbuh subur di pekarangan penduduk. Dedaunan dari pepohonan ini setiap pagi hingga siang hari menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan bagi pernapasan semua makhluk hidup.

- Alamnya masih alami, tanah persawahan menghijau dengan tanaman-tanaman yang menyejukkan pandangan mata. Keindahan ini tak akan ditemukan di kota. Suasana desa yang membawa nuansa alam, merasuki sanubari hingga malam menjelang. Suara khas  jejangkrik meramaikan suasana malam dan sesekali burung malam menekur menyapa kekawanan hewan malam.

- Suasana damai hidup di dusun, penduduk yang ramah tamah, tak akan tergantikan. Terngiang selalu lagu Desaku Yang Kucinta karya Liberty Manik. Berikut liriknya:


  • Desaku yang ku cinta
  • Pujaan hatiku
  • Tempat ayah dan bunda
  • Dan handai taulanku
  • Tak mudah ku lupakan
  • Tak mudah bercerai
  • Selalu ku rindukan
  • Desaku yang permai

  • Lagu dan liriknya sederhana, tetapi selalu terkenang sepanjang masa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN