Mohon tunggu...
Alvi Yatun
Alvi Yatun Mohon Tunggu... ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Puisi adalah tempat saya mencurahkan isi hati saat melihat suatu hal yang menggelitik pikiran ataupun saat mengalami kegalauan dan kebahagiaan hati. Dengan membuat sebuah karya dalam bentuk tertulis berharap bisa menginspirasi dan menebar manfaat ke semua orang.

Blog : https://alviyatunyudi.blogspot.com/ Pesan : Proses belajar berjalan sepanjang hayat, proses sabar dan ikhlas menerima dan menjalani segala ketentuan Allah dengan ikkhtiyar yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Uniknya Si Buah Gayam

23 Januari 2021   18:56 Diperbarui: 23 Januari 2021   21:13 392 27 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Uniknya Si Buah Gayam
Gambar dari skeletonacet.blogspot.com

Tanaman Langka

Sejenak kita mengenal tanaman yang sudah langka. Salah satunya adalah pohon Gayam. Pohon Gayam ini menjadi family Fabaceae dalam genus Inocarpus dan spesiesnya adalah Inocarpus fagiferus (Parkinson) Fosberg. Dalam masyarakat Jawa khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta, pohon Gayam ini dahulu banyak tumbuh di pekarangan rumah yang halamannya masih cukup luas. Juga tumbuh di pinggiran sungai-sungai besar misalnya sungai Opak.

Keberadaan pohon Gayam di tepi sungai ini sebenarnya sangat bermanfaat menahan air sungai agar tidak mudah mengabrasi tanah di sekitar sungai. Struktur tubuhnya yang unik tak beraturan, membentuk diameter kurang lebih 50-70 cm, menjulang tinggi bahkan sampai 10 meter. Ia menancapkan rimbunan akar yang kuat sehingga dipercaya pula menjernihkan air sungai tersebut, dan air disekitar sungai nampak bersih dan segar.

Pohon ini menghasilkan rimbunan daun yang lebat. Saat saya kecil, daun-daun pohon Gayam ini dibuat mainan menjadi mahkota-mahkotaan di kepala. Karena bentuk daunnya yang memanjang, sehingga anak-anak jaman dahulu yang tak pernah mengenal bentuk mainan seperti sekarang ini, berkreasi dan mengimajinasikan seluruh kemampuan untuk membuat mainan sendiri. Kami pun sangat senang. Hampir semua mainan pada masa itu adalah hasil kreasi anak-anak. Kebetulan masa kecil saya di dusun yang jauh dari kota.

Rimbunnya daun yang dihasilkan pohon ini, menjadi alternatif sebagai pohon perindang. Beberapa taman wisata buah telah merintis melakukan pembibitan tanaman langka termasuk pohon Gayam ini. Masyarakat di sekitar sungai Winongo dan Opak pun secara alami memelihara pohon Gayam yang tumbuh liar di sekitar sungai. Mereka membiarkan pohon Gayam tumbuh lebat karena dipercaya dapat membentengi dari banjir.

Keunikan Gayam

Gambar dari forestryinformation.wordpress.com
Gambar dari forestryinformation.wordpress.com
Tak banyak orang mengenalnya. Tak banyak pula yang tahu manfaatnya.  Saat ini di beberapa wilayah di kabupaten Bantul propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada bulan antara November sampai dengan Februari, bisa ditemui makanan yang jarang di jual di pasaran. Bisa dikatakan sebagai makanan unik. Kenapa saya katakan unik?

1.Makanan ini sebenarnya berasal dari buah, tetapi tidak dapat langsung dimakan layaknya buah pada umumnya

2.Makanan ini harus diolah terlebih dahulu sebelum bisa disantap, dan pengolahannya pun memakan waktu lama, berjam-jam untuk mendapatkan hasil yang empuk dan lezat

3.Makanan ini bisa menjadi beberapa makanan olahan, direbus, digoreng atau pun diparut.

4.Walaupun makanan ini cukup lama waktu pengolahannya, tetapi harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau alias murah meriah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN