Mohon tunggu...
Sayyid Jumianto
Sayyid Jumianto Mohon Tunggu... Guru - Menulis yang biasa saja

Biasa Saja yang di tulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Misteri Hari Jumat 17 Agustus 1945

17 Agustus 2022   05:50 Diperbarui: 24 Agustus 2022   16:06 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Misteri Jumat pagi 17 Agustus 1945

Melansir Kementerian Sekretariat Negara RI, detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia dimulai pada Jumat bertepatan dengan bulan Ramadhan, 17 Agustus 1945 jam 05.00 pagi.(kompas com)

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di kumandangkan tepat pukul 10 Hari jumat 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan juga dengan bulan ramadan sungguh sebuah peristiwwa yang tidak bisa kita lupakan  hingga perayaan ke 77 kemerdekaan tahan 20222 ini.

Baca juga: 18 Agustus

Seakan momentum ini kembali lagi hadir di depan mata kita bahwa peristiwa inilah yang menjadi tonggak penentu lahirnya Indonesia Raya setelah di tenggelamkan oleh penjajahan barat hampir  350 tahun.

Tonggak bersejarah 17 Agustus 1945 sebuah momentum perjalanan waktu bangsa ini untuk menemukan kebebasan hakikinya hingga menemukan jati dirinya sebagai bangsa yang merdeka dan mempunyai identitas kembali sebagai bangsa merdeka dan berdaulat atas tanah dan airnya samapai nanti kelak.

Misteri hari jumat itu

Sungguh visioner dalam keadaan puasa (bagi yang muslim) kala itu kenekatan para patriot untuk memproklamasikan kemerdekaan Republik adalah nyata  dan inilah yang harus kita sadarisampai saat ini bahwa bulan Ramadan kala itu sungguh membawa berkah kembalinya ibu pertiwi kepangkuan anak negeri samapai saat ke 77 tahun hari ini

Misteri hari jumat bukan misteri kebetulan belaka karena hari Jumat ahari baik dan hari ketika tamu Allah Swt menunaikan ibadah sholat jumat maka tak ayal hari itu tanggal 17 Agustus 1945 hari jumat pukul 10.00 wib di kumandangkanlah proklamasi itu.

......

.Renungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan