Mohon tunggu...
Alpin Dinata
Alpin Dinata Mohon Tunggu... Important

alpindinata09.blogspot.com alpindinata.eu.org

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengenal Tanah Ampo

7 Mei 2020   14:59 Diperbarui: 15 Mei 2020   21:10 114 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Tanah Ampo
tanah-ampo-sungai-keruh-5ebea308097f364c27115e05.jpeg

tanah ampo sungai keruh

Baru-baru ini tepatnya di suatu jejaring sosial media ramai membicarakan tanah Ampo, lantas apa itu tanah Ampo. Tanah Ampo yang viral ini terdapat di desa sungai keruh kecamatan tengah Ilir kabupaten tebo. Tempatnya bukit serpih namanya, tanah Ampo ini memiliki struktur mirip dengan batuan gunung yang digunakan untuk bahan bangunan, memiliki garis-garis namun setelah dibersihkan akan mirip seperti  kristal. 

Hal ini pun mengundang warganet untuk berkomentar mulai dari guyonan sampai yang menanggapi dengan serius karena penasaran.

Menurut mitosnya pada dahulu pada desa ini dipimpin oleh seorang raja kemudian pada saat membuat perayaan sang raja mengajak rakyatnya beramai-ramai membuat dodol, dan pada saat itu juga mereka diserang oleh musuh dari kerajaan lain, sehingga pada saat penyerangan tersebut banyak dodol yang tertumpah ke tanah yang diyakini sekarang menjadi asal-usul tanah Ampo. 

Tanah Ampo dari Tuban yang terbuat dari tanah liat yang dibersihkan dari pasir dan benda lainnya, dibentuk menjadi balok kemudian diserut dan dipanggang. Sangatlah berbeda dengan tanah Ampo yang ada di desa sungai keruh ini, tanah Ampo ini lebih mirip dengan batuan gunung yang sering digunakan untuk pembangunan seperti turap ataupun pondasi bangunan, sedangkan tanah Ampo dari Tuban ini yaitu tanah liat yang diolah. 

lantas apakah tanah Ampo ini aman untuk dikonsumsi pertanyaan inilah yang paling sering muncul, melihat dari tanah Ampo  di Tuban dalam hal ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi dengan berbagai dalih bagus untuk kesehatan, bagus untuk ibu hamil.

Namun hal tersebut tidak serta Merta kita mengatakan bahwa tanah Ampo baik yang dari Tuban ataupun dari desa sungai keruh aman untuk dikonsumsi. Walaupun bentuknya berbeda, namun untuk membenarkan hal tersebut masih terkendala dengan minimnya penelitian tentang hal tersebut maka hal tersebut belum tentu aman untuk dikonsumsi. Baik tanah Ampo dari Tuban maupun dari desa sungai keruh hanya namanya saja yang sama namun bentuknya sangatlah berbeda.

VIDEO PILIHAN