Mohon tunggu...
Alpandi Universitas Siber Asia
Alpandi Universitas Siber Asia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berdoa dan berusaha

perjalanan ini terasa singkat jika kita lalui dengan bahagia dan rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Tujuan dan Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

19 Januari 2022   01:39 Diperbarui: 19 Januari 2022   01:42 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pedulilindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease atau COVID-19. Dilansir dari Covid19.go.id, bahwa pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat mempermudah dan menyingkat alur informasi secara efektif, dan adaptif di semua sektor. 

Hingga saat ini Aplikasi Pedulilindungi menjadi sebuah aplikasi yang wajib dimiliki di setiap ponsel masing-masing individu. Jika tidak mendownload, maka orang tersebut tidak bisa mengkases tempat dan layanan publik seperti Mall, perkantoran, dan fasilitas transportasi umum.

Applikasi pedulilindungi terdapat data-data tentang covid-19 mulai dari jumlah orang yang terkonfirmasi, suspek,orang yang melakukan kontak erat, yang sembuh hingga yang meninggal. 

Dari data tersebut pemerintah dapat menentukan apakah daerah tersebut masuk ke zona hitam,merah,kuning,dan hijau atau yang sekarang di ganti menjadi level 1,2,3,4 hingga level darurat. setelah ditetukan status level di wilayah tersebut pemerintah akan mengambil Tindakan dan kebijakan berdasarkan status yang telah di tetapkan.  

Berbagai negara di seluruh dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi krisis global akibat COVID-19. Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia atau yang lebih dikenal masyarakat dengan Kemenkes menginformasikan bahwa Corona Virus Disaease 2019 atau biasa disingkat dengan Sars-CoV- merupakan virus berbahaya yang dilaporkan berawal mula di kota Wuhan, Tiongkok yang diketahui kemunculannya di tanggal 31 Desember 2019. 

Virus ini menginfeksi puluhan bahkan ratusan orang di Wuhan. Kemudian dengan cepat menyebar ke negara-negara tetangga, hingga menyebar ke seluruh dunia.

Dampak-dampak dari Pandemi ini tidak hanya pada sektor ekonomi saja, namun sektor budaya, pendidikan dan perkembangan teknologi pun mengalami kendala akibat COVID-19. 

Pandemi ini menyebabkan berbegai aktivitas manusia dalam berbagai sektor terhambat akibat mudahnya penyebaran virus dari satu manusia ke manusia lainnya. 

Untuk mencegah penyebaran tersebut, maka diluncurkanlah sebuah fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan seseorang terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. 

Untuk saat ini Aplikasi pedulilindungi sudah menjadi kewajiban dalam melakukan aktivitas yang bekaitan dengan kerumunan Adapun fungsi aplikasi pedulilindungi sebagai berikut:

Membantu pelacakan

Syarat berpergian

Mengakses sertifikat vaksin

Memberi informasi zona dan notifikasi keramaian

Syarat masuk mall

Pelayanan Kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan