Mohon tunggu...
Aloysius Elfrizo
Aloysius Elfrizo Mohon Tunggu... system identity print

sehat selalu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembentukan Minat Anak pada Bidang Teknologi Era New Normal di Bluru Permai Sidoarjo

4 Januari 2021   19:55 Diperbarui: 4 Januari 2021   21:30 74 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembentukan Minat Anak pada Bidang Teknologi Era New Normal di Bluru Permai Sidoarjo
dokumen pribadi

New Normal ini membuat semua kegiatan yang biasa dilakukan secara during(offline) seperti kegiatan sekolah dan perkuliahan harus dilakukan secara daring (online) khususnya untuk perkuliahan kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 dilakukan secara individu pada domisili mahasiswa masing - masing selama 12 hari, hal ini untuk menghindari kumpul-kumpul kelompok yang biasa dilakukan pada saat KKN during.

Saat semua kegiatan sekolah dilakukan secara online membuat semua siswa khususnya siswa SD mempunyai waktu yang sangat luang yang membuat waktu bermain menjadi lebih lama dan terkadang acuh akan protokol kesehatan. Protokol yang difokuskan oleh mahasiswa adalah tidak cuci tangan saat sudah bermain.

Aloysius Elfrizo mahasiswa teknik informatika Universitas 17 Agustus 1945 dibawah bimbingan bapak dosen Muizzu Nurhadi, SS.,M.Hum membuat kegiatan KKN yaitu penyuluhan tentang protokol kesehatan dengan sentuhan Augmented Reality dan perakitan sebuah alat cuci tangan otomatis bersama siswa SD, salah satu perwakilan orang tua siswa menyambut baik kegiatan KKN mahasiswa khusunya pada perakitan alat cuci tangan otomatis.

"Bagus bagus mas, kalau bisa kegiatan seperti perakitan alat - alat yang berhubungan dengan komputer atau kegiatan komputer yang lain, yaa bisa seminggu sekali atau satu bulan sekali karena anak - anak ini kalau sudah main tidak tau kemana dan jika dirumah selalu membuka game" ujar perwakilan dari orang tua siswa.

mahasiswa melakukan penyuluhan (dokumen pribadi)
mahasiswa melakukan penyuluhan (dokumen pribadi)

anak - anak mencoba alat cuci tangan dengan sensor ultrasonik (dokumen pribadi)
anak - anak mencoba alat cuci tangan dengan sensor ultrasonik (dokumen pribadi)

Penyuluhan ini bertujuan setidaknya anak - anak mengerti pentingnya cuci tangan dan tau protokol yang ada, pada sela kegiatan penyuluhan juga ditampilkan sebuah alat cuci tangan yang nantinya akan mereka rakit. Kegiatan penyuluhan cukup seru karena anak - anak penasaran dan berebut untuk mencoba alat cuci tangan tersebut.

Pada persiapan perakitan, mahasiswa membuat alat cuci tangan seminimal mungkin dari penyolderan dan membuat alat cuci tangan plug and play sehingga anak - anak pun mudah mengikuti arahan dari mahasiswa.

salah satu anak mencoba merakit alat cuci tangan (dokumen pribadi)
salah satu anak mencoba merakit alat cuci tangan (dokumen pribadi)

Pada kegiatan perakitan, anak - anak mengikuti perakitan dengan baik walaupun alat yang dibuat hanya satu dan setelah jadi alat di tempatkan pada galon yang sudah disiapkan kemudian alat bisa dicoba dan berhasil berjalan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN