Taufik Al Mubarak
Taufik Al Mubarak Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Tukang Nongkrong

Taufik Al Mubarak, blogger yang tak kunjung pensiun. Mengelola blog https://pingkom.com

Ramadan Pilihan

Wisata Religi di Komplek Makam Sunan Ample Surabaya

25 Maret 2023   02:03 Diperbarui: 25 Maret 2023   16:54 1794
Gentong di Komplek Masjid Sunan Ampel

Pada Kamis (23/3) pukul 15.50, saya berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta menuju ke Surabaya dengan kereta api Gumarang. Saya memesan tiket kelas Eksekutif dengan tarif yang sedikit mahal. Perjalanan menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya memakan waktu lebih kurang 10 jam, namun saya bisa menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan tersebut, terutama saat sore hari.

Tiba di Stasiun Pasar Turi pada Jumat (24/3) pukul 02.45 dini hari, saya memutuskan untuk bersantai sejenak di sekitar stasiun. Saat itu, saya merasa lapar dan memilih untuk mencari makanan untuk Sahur. Akhirnya saya menemukan sebuah toko roti yang buka 24 jam di sekitar stasiun dan memesan dua roti untuk dimakan: roti isi tuna dan daging.

Setelah makan Sahur, saya mencari ojek untuk memesan hotel di Surabaya. Saya kebetulan ketemu tukang Ojek di luar stasiun. Setelah melalui beberapa kali tawar-menawar dengan pengendara ojek, akhirnya saya diantar ke hotel yang berada di dekat Pasar Besar Surabaya.

Setelah menyelesaikan semua urusan tersebut, saya akhirnya dapat beristirahat dengan nyaman di Hotel Pasar Besar Surabaya dan siap menjelajahi kota Surabaya pada hari berikutnya. Malam itu saya tidur pulas sekali, dan terbangun pukul 15.45, dan Jumat pertama di bulan Ramadan pun terlewati.

Usai berbuka puasa, saya memesan ojek online. Tujuan saya adalah Museum Tugu Pahlawan. Namun, setiba di sana, museum tutup dan saat itu pun sedang gerimis. Untung ada seorang penjaga yang membolehkan saya untuk masuk ke dalam komplek museum. Ia meminta saya agar kembali esok hari jika ingin masuk ke museum bawah tanah.

Sang penjaga, Firdaus, warga asli Surabaya kemudian menawarkan saya untuk menikmati suasana malam di kota pahlawan. Katanya ia sudah selesai bertugas dan bersiap-siap untuk pulang. Saya pun mengiyakan. Dan, jadilah saya dibawa keliling ke Komplek Masjid Sunan Ampel.

Komplek Masjid Sunan Ampel Surabaya merupakan salah satu tempat wisata religi yang terkenal di Surabaya, Jawa Timur. Masjid yang terletak di Jalan Ampel, Kecamatan Semampir ini menjadi destinasi wisata spiritual yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin merasakan keindahan sejarah Islam di Surabaya.

Sejarah Masjid Sunan Ampel Surabaya

Masjid Sunan Ampel merupakan masjid tertua di Surabaya yang dibangun pada abad ke-15. Masjid ini merupakan tempat peristirahatan Sunan Ampel, salah satu dari sembilan Wali Sanga yang membawa agama Islam ke Jawa Timur. Sunan Ampel adalah seorang ulama dan sufi yang dikenal sebagai pemimpin dan pendakwah yang berhasil memperkuat agama Islam di Surabaya.

Masjid Sunan Ampel awalnya dibangun oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 Masehi di tepi sungai Kalimas. Namun, masjid ini mengalami kerusakan akibat serangan Belanda pada tahun 1625 dan 1743. Pada tahun 1971, masjid ini direnovasi dan diperluas dengan menambahkan beberapa bangunan baru.