Mohon tunggu...
Allif RizkyAbdillah
Allif RizkyAbdillah Mohon Tunggu... Mas-Mas Biasa Aja

Jangan Lihat siapa orang nya, tapi lihat apa yang diikatakan nya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Karakteristik Rasulullah SAW sebagai Pendidik

10 Agustus 2020   21:02 Diperbarui: 10 Agustus 2020   21:01 716 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karakteristik Rasulullah SAW sebagai Pendidik
Lafadz Rasulullah. Sumber : republica.co.id

Secara Harfiah, seorang pendidik adalah seorang yang memiliki jiwa dan tanggung jawab khusus untuk mendidik. Sedangkan secara khusus, dikatakan seorang pendidik dalam perspektif Islam adalah orang yang memiliki sikap tanggung jawab terhadap potensi dan kemampuan peserta didik untuk dapat dikembangkan, baik itu Afektif, Kognitif, maupun Psikomotoruik yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam.

Maka dari itu, dalam Islam pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap seluruh upaya dan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik, baik itu Jasmani, dan Rohani agar peserta didik dapat mencapai tingkat kedewasaan, dan dengan kedewasaan serta ilmu yang dimiliki, ia dapat menjalankan tugas tugas kemanusiaan  nya selama di dunia, baik sebagai Khalifah, atau sebagai Hamba yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Agama Islam.

Maka dari itu seorang pendidik dalam Islam, bukan hanya seorang yang bertugas di sekolah, dan lembaga pendidikan  saja, melainkan semua orang yang terlibat dalam proses pendidikan individu, yang dimulai dari kandungan, Bayi, Balita, Anak-Anak, Remaja, Dewasa, Tua, hingga sampai ia menjumpai Allah SWT sebagai Rabb nya. dan salah satu tokoh yang sangat mencerminkan figure pendidik dalam Islam, sudah pasti kekasih Allah SWT, yaitu baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan sosok pendidik dalam Islam.

Rasulullah SAW merupakan Figur terbaik dalam segala bidang, tidak hanya dalam hal pendidikan keaagamaan saja, namun juga dalam bidang Ilmu pengetahuan. Hal ini membuktikan keagungan dan kebesaran Allah Swt dan Islam sebagai Agama yang Rahmatan Lil'Alamin.

Sejatinya seorang pendidik harus memiliki sifat sifat rertentu sebagaiman sifat yang diajarkan dan diaplikasikan oleh Baginda Rasulullah SAW empat belas abad lalu, belau telah memberikan keteladanan tentang bagaimana menjadi guru ataupun pendidik yang mempunyai karakter yang ideal. Hal ini dibuktikan dari Hadis, Hadis Beliau, dan juga riwayat riwayat yang mengisahkan kepedulian dan karakteristik beliau sebagai pendidik.

Sebagai seorang pendidik, Rasulullah SAW harus selalu mengajarkan ummat dan sekaligus sahabat beliau dengan berbagai hal, beliau memiliiki karakteristik dan Akhlak Mulia  yang begitu kuat sebagai seorang pendidik, sehingga maksud dari pengajaran beliau dapat tersampaikan dan diamalkan oleh ummat.

Rasulullah SAW menyadari bahwa para peserta didiknya, dan Ummat nya (Sahabat) adalah penerus dan pemegang kendali segala permasalahan dan problematika yang akan dilalui oleh Ummat. Dan juga Rasulullah SAW menyadari bahwa para Ummat ini lah yang akan meneruskan dan memperjuangkan kebesaran Islam nantinya, dan Rasulullah juga menyadari bahwa di tangan para ummat nya nanti kebesaran dan kemajuan dari kehidupan dan mengatur segala macam urusan keagamaan dan Risalah Islam ini. Maka dari itu Rasulullah telah memberikan bukti dan contoh nyata akan karakteristik pendidik yang ideal. Diantaranya

 

  • Kesesuian Antara Ucapan dan Perbuatan

Tentu dalam mewujudkan Ummat Islam yang memiliki kemajuan, dalam bidang keagamaan, maupun dalam bidang keilmuan, maka dibutuhkan seorang pendidik yang tidak hanya memberikan pengajaran yang bersifat materi, namun juga pengajaran dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya seorang guru harus bisa memberikan kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan (perbuatan), karena seorang pendidik itu merupakan cerminan dari peserta didik nya, karena ada pepatah mengatakan "Apa Yang Akan Kau Tanam, Maka Itulah Yang Akan Dituai Nanti", yang mengindikasikan bahwa seorang pendidik harus bisa memberikan modal dan acuan bagi peserta didik nya nantinya agar peserta didik nya dapat berkembang dan memaksimalkan potensi dari dirinya.

Hal ini digambarkan oleh Rasulullah SAW, bukan hanya dalam hal pendidikan dan dakwah Islam, namun hal ini selalu tercermin dari perilaku dan tingkah laku Beliau, beliau tidak pernah berbohong dalam hidupnya, beliau hingga di berikan gelar Al'Amin (Dapat Dipercaya) sebagai bukti sosok yang sesuai antara ucapan dan perbuatan dalam membentuk kualitas Ummat yang terbaik.

  • Bersikap Adil Terhadap Murid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN