Mohon tunggu...
Devi Nur
Devi Nur Mohon Tunggu... Tetaplah menulis dan beraksara meskipun selalu dibilang sedang galau.

Kamu hebat sudah berani menulis dan membaca ditengah-tengah manusia yang asing dengan aksara dan rangakaian kata. Tetap menulis dan membaca yaa :)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cara Membuat Berita Unik dan Menarik

3 Oktober 2020   10:40 Diperbarui: 3 Oktober 2020   12:37 39 6 0 Mohon Tunggu...

Cara Membuat Berita Unik dan Menarik

Cara Membuat Berita Unik dan Menarik. Hal-hal unik selalu menjadi pusat perhatian masyarakat sampai mendunia. Keunikan itulah yang membuatnya terkenal dan menjadi bahan perbincangan setiap waktu. Namun, hal unik tersebut sering kali hanya bertahan dalam waktu yang sebentar. Lambat laun hilang dan sudah jarang diberitakan lagi. Maka dari itu orang-orang mulai mencari hal-hal unik lainnya yang jarang diketahui banyak orang. Kemudian memberitakannya di media sosial karena track-nya yang cukup cepat menjangkau berbagai daerah.

Sehingga banyak orang yang mulai membuat berita atau hal-hal untuk kebutuhan tertentu. Mulai dari hanya ingin memberitakan, membuat konten sampai ingin dikenal banyak orang. Dalam pembuatan berita tersebut banyak juga yang gagal karena menggunakan pengemasan yang kurang tepat. Berita yang unik menjadi biasa saja sebab cara yang digunakan salah. Berikut ini ada berbagai macam cara untuk kamu yang ingin membuat berita dari hal-hal unik supaya bisa dinikmati pembaca sampai menjadi viral.

Mencari Bahan Pembuatan Berita

Ada hal-hal khusus yang harus dilakukan oleh penulis untuk membuat berita unik. Sehingga memiliki perbedaan dengan berita lainnya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Peristiwa

Terbuatnya berita karena adanya peristiwa yang terjadi. Tanpa adanya peristiwa, berita tidak bisa disampaikan. Jadi untuk membuat berita yang unik kamu harus melakukan hal-hal yang berbeda dari orang lain. Selain itu kamu juga bisa mencari kegiatan atau peristiwa yang tidak dilakukan didaerah tertentu. Seperti kegiatan Ngaben yang ada di Bali, kegiatan tersebut tidak dilakukan di semua wilayah Indonesia. Nah, peristiwa tersebut sudah bisa dibuat menjadi berita yang unik.

Waktu Terjadinya Peristiwa

Penulis berita unik juga harus memperhatikan waktu peristiwa itu terjadi. Seperti kegiatan Ngauben di Bali yang hanya dilakukan ketika ada orang yang meninggal. Waktu itulah yang menjadi salah satu aspek berita bisa dikatakan sangat unik. Sama halnya dengan peristiwa lainnya, seperti tradisi Satu Suro di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Waktu memang berperan penting dalam pembuatan sebuah berita. Semakin cepat berita diunggah maka semakin hangat pula berita tersampaikan kepada masyarakat.

Bahasa Pembuatan Berita

Sebuah berita memang tidak jauh dari bahasa yang digunakan. Ada berita yang menggunakan bahasa yang sangat formal, baku, sehari-hari atau bahkan bahasa gaul zaman sekarang. Semaunya disesuaikan dengan target pembaca berita tersebut. Kebanyakan pembaca berita tersebut bisa datang dari berbagai kalangan. Sehingga bisa menggunakan bahasa yang formal, tetapi masih bisa dipahami. Penggunaan kata pada setiap kalimat juga harus diperhatian. Jangan sampai menggunakan kata yang menimbulkan pertanyaan bagi pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN