Mohon tunggu...
Alkahfi Dahlan
Alkahfi Dahlan Mohon Tunggu... Environment enthusiast

70% opini 10% bacot 100% sustainable living

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Masa Depan Dunia di Piring Makanmu

1 Juli 2020   17:50 Diperbarui: 2 Juli 2020   06:22 193 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masa Depan Dunia di Piring Makanmu
Pola Makan Nabati | Freepik

Sedikit perubahan ternyata berdampak besar. Menyelamatkan dunia bisa dengan se-simple menggubah menu makan siang mu.

Plant base diet atau pola makan nabati adalah pola makan yang berfokus pada makanan yang berasal dari tumbuhan. Dalam hal ini tidak hanya sayuran dan buah-buahan, namun juga kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, gandum utuh, kedelai, dan sebagainya.

Namun berbeda dengan vegetarian atau vegan yang tidak mengkonsumsi daging dan produk hewani lainnya, melainkan pada pola makan ini proporsi makan kamu cenderung lebih banyak dari sumber tumbuhan.

Pola makan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari forksoverknives.com, banyak penyakit kronis bisa dicegah dengan menerapkan pola makan nabati.

Penelitian juga menunjukan pola makan nabati dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Pola makan nabati tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun juga bermanfaat bagi kesehatan bumi. Dari sekian banyak manfaat lingkungan yang didapat dari pola makan nabati, penulis akan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana pengurangan konsumsi produk hewani dapat memberi dampak besar bagi lingkungan.

Seperti yang telah penulis singgung di artikel sebelumnya, seiring dengan pertumbuhan populasi manusia maka bertambah pula permintaan kita akan sumber pangan dan air.

Pada tahun 2050 diprediksi populasi manusia di dunia akan mencapai 9 milyar jiwa. Begitu banyak perut yang harus diberi makan, kita perlu 50%-70% lebih banyak makanan dari yang kita produksi hari ini dan lebih banyak air yang diperlukan untuk memproduksi makanan tersebut.

Konsumsi Air Produk Pertanian | Nativefoodscafe
Konsumsi Air Produk Pertanian | Nativefoodscafe

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi lebih sedikit produk hewani akan mengurangi konsumsi air sebab produk hewani membutuhkan lebih banyak air dalam proses produksinya dibandingkan produk nabati. Sebagai perbandingan untuk memproduksi 0,45 kg daging sapi membutuhkan setidaknya 1.846 galon air dan pada berat yang sama produksi kentang hanya membutuhkan 25 galon air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x