Mohon tunggu...
Al Johan
Al Johan Mohon Tunggu... Seorang pegawai biasa

Terus belajar mencatat apa yang bisa dilihat, didengar, dipikirkan dan dirasakan. Phone/WA/Telegram : 081281830467 Email : aljohan@mail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Empis-empis, Kuliner Khas Temanggung Berbahan Utama Cabe

9 Juli 2016   07:46 Diperbarui: 14 Januari 2021   07:37 831 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empis-empis, Kuliner Khas Temanggung Berbahan Utama Cabe
Empis-empis masakan khas Temanggung berbahan utama cabe (Dok pribadi)

Saat lebaran adalah saat menikmati masakan enak. 

Jaman kecil dulu, makan daging ayam adalah sebuah kemewahan.  Dalam setahun jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah pada saat lebaran.

Momen lain bisa menikmati daging ayam adalah saat bapak mendapat undangan kenduri. Ibu biasanya membagi nasi kenduri tersebut dalam piring-piring kecil sebanyak anggota keluarga dalam rumah. Sepotong daging ayam kecil juga disuwir-suwir dalam pembagian tersebut.

Kami biasanya berebutan memilih piring yang porsi suwiran dagingnya paling banyak atau irisan kuning telurnya paling besar.

Momen lainnya adalah saat tetangga mengadakan acara wiwit, yaitu upacara memulai panen padi. Pada malam harinya, sang pemilik sawah biasanya mengundang anak-anak pergi ke sawah untuk dibagi nasi gurih dan daging ayam. Sebagian juga memberi sesaji di bagian tertentu sawah.

Saat itu makan daging ayam rasanya enak sekali. Entah karena kami jarang makan daging atau masakannya memang enak.

Berbeda dengan jaman sekarang, makan ayam, apalagi jenis ayam pedaging, rasanya sangat hambar dan bisa dikatakan tidak ada sensasinya.

Empis-empis

Berbeda dengan masakan daging ayam. Ada satu masakan khas daerah Temanggung, yang dari dulu hingga sekarang, yang saya bisa menikmati sensasi kelezatannya, yaitu masakan Empis-empis. 

Masakan ini adalah sejenis masakan oseng-oseng berbahan baku utama cabe hijau, bisa cabe besar atau cabe rawit. 

Cabe rawit biasanya lebih pedas daripada cabe besar. Untuk campurannya biasanya menggunakan tetelan daging sapi atau tempe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN