Mohon tunggu...
Alizatul AzahroNayla
Alizatul AzahroNayla Mohon Tunggu... mahasiswa aktif UIN Malang

JADILAH YANG BAIK

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

28 Oktober 2020   20:59 Diperbarui: 28 Oktober 2020   21:03 14 2 0 Mohon Tunggu...

Masa pandemi seperti ini banyak menyebabkan permasalahan terutama pada bidang pendidikan. Dengan masalah seperti ini mau atau tidak sistem pendidikan harus diubah dengan cara pembelajaran online. Dan kegiatan seperti ini bukanlah perkara yang mudah butuh waktu banyak untuk bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik meskipun secara online. Adapun untuk permasalahan yang terjadi pihak sekolah telah menggunakan beberapa media pembelajaran untuk para siswa dan juga guru agar dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara baik. Media pembelajaran bisa melalui aplikasi zoom, google meet dan juga whatsapp. Meskipun pembelajaran dilaksanakan secara online disini guru harus tetap bisa menyampaikan materi secara jelas dan mampu dipahami oleh para siswa demi tercapainya prestasi mereka.

            Sebagai seorang guru dimanapun melakukan kegiatan belajar mengajar untuk para siswa harus bisa menumbuhkan sikap positive serta sabar. Hal tersebut untuk kebaikan para siswa karena mereka pasti meniru dai sifat teladan para pengajarnya. Selain itu guru harus pintar dalam menciptakan suasana belajar menjadi nyaman tidak membuat bosan para siswa. Guru juga dituntut untuk sekreatif mungkin dalam menciptakan media pembelajaran agar para siswa tetap mau memperhatikan penyampaian materi dari guru. Untuk orang tua juga memiliki peran penting bagi kesuksesan para putra putrinya karena harus bisa membimbing kegiatan belajar yang dilakukan dirumah secara online.

            Di MTs Miftahul Huda Kromengan pada masa seperti ini menggunakan media pembelajaran online yaitu dengan media zoom, google meet dan juga whatsapp. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka melalui zoom dan juga google meet, sedangkan untuk pengiriman tugas atau penjelasan materi biasanya melalui whatsapp. Dengan media tersebut pembelajaran bisa tetap berjalan sesuai dengan harapan baik dalam pendidikan. Karena pada masa seperti ini tetap bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar meskipun dengan jarak jauh dan dimanapun tempatnya. Adapun kendala yang ditimbulkan dari pembelajaran online seperti ini yaitu masalah kurangnya interaksi langsung antara siswa dengan guru. Masalah lain yang timbul adalah jaringan yang sulit dijangkau karena ada diwilayah pedesaan dan juga mahalnya kuota internet. Tetapi sekolah MTs Miftahul Huda Kromengan menyediakan kuota khusus untuk para siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti pada waktu di sekolah. Pembelajaran bisa berjalan dengan baik apabila ada dukungan dari para guru, orang tua serta siswa yang mempunyai niat baik untuk keberhasilan pendidikanya.  

VIDEO PILIHAN