Mohon tunggu...
Alirman Djamereng
Alirman Djamereng Mohon Tunggu... Sales - Flowman but not Superman

Berusaha konsisten untuk menulis yang bermanfaat...alirmandjamereng73@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Malaikat Iseng (Episode 7)

3 April 2021   20:36 Diperbarui: 3 April 2021   20:40 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi gambar: otosection.com

Habis Jumatan, saya langsung ke Indomaret dengan sarung kopiah lengkap, maklum lagi liburan kantor jadi jumatan di sekitaran rumah. Buru-buru buka pintu masuk Indomaret, karyawan menyambut dengan sapaan,"Selamat datang di Indomaret, selamat berbelanja". Saya dengan cuek nyosor aja langsung ke rak belanjaan tanpa membalas sedikitpun. Ah, itukan ucapaan standar yang tidak perlu dibalas atau disenyumi, pikirku.

Bingung mencari pembersih wajah untuk mukaku yang sudah mulai kusam mengenaskan, kuhampiri karyawan yang sedang menata rak barang untuk menanyakan barang yang kucari. Dengan segera dia meninggalkan aktifitasnya dan menuntun saya menuju ke rak yang dimaksud. "Ini yang bapak cari, silahkan", katanya dengan ramah dan langsung pergi tanpa menerima ucapan terima kasih dari saya. Ah, itukan sudah tugas dia melayani customer, pikirku lagi.

Handphoneku bergetar di saku celana depan pertanda ada pesan masuk. Terbaca pesan WA dari sobatku Sang Malaikat tertulis,"JUTEK AMAT LOE!". Seketika saya terdiam dan tersadar betapa cuek dan sombongnya saya hanya untuk membalas sapaan dan tersenyum kepada pelayan toko, bahkan untuk mengucapkan kata terima kasih saja susah. Betapa munafiknya saya ketika di medsos selalu bersapa ria dengan hangat kepada semua orang sementara di dunia nyata ternyata saya adalah pribadi yang cuek, dingin dan sombong. Ini tidak boleh terulang, sikap saya harus berubah sekarang, menjadi pribadi yang lebih hangat dan peduli kepada orang lain, siapapun itu. Begitu tekadku yang seketika muncul saat itu.

Saat membayar belanjaanku, kasir bertanya," Dua ratus rupiahnya mau disumbangkan?". Saya menjawab," Oh terima kasih, silahkan mbak, mudah-mudahan sumbangan itu bisa bermanfaat buat yang membutuhkan dan kita semua diberikan balasan yang setimpal, Aamiin". Selesai membayar, sambil mengatupkan kedua tangannya di dada, kasir itupun kembali berkata,"Terima kasih, silahkan datang kembali". Tak mau kalah, saya menimpali,"Sama-sama mbak, saya juga berterima kasih atas pelayanan prima yang telah diberikan tadi,mudah-mudahan Indomaret bisa sukses, begitupula mbak beserta keluarga diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Saya senang dan bangga bisa berbelanja di sini, wassalam". Saya pun beranjak keluar mendorong pintu kaca yang terasa seret karena tertulis TARIK sementara saya malah DORONG.

Handphone saya kembali bergetar tanda pesan masuk. Lagi WA dari sobat Malaikat tertulis singkat,"LEBAY AMAT LOE!".

Salam Hangat.

#Selamat memperingati Jumat Agung  buat sobat-sobat yang merayakan, 2 April 2021.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun