Mohon tunggu...
Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Zakat dan Donasi Online: Berbuat Baik di Era Digital, Kapan dan di Mana Saja Bisa

7 Mei 2021   01:50 Diperbarui: 7 Mei 2021   01:54 816 82 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Zakat dan Donasi Online: Berbuat Baik di Era Digital, Kapan dan di Mana Saja Bisa
Cara Membayar Zakat Fitras Secara Online (Kompas.com)

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala-Nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (Al Baqarah: 110)


Sebelum berbicara lebih jauh tentang zakat dan donasi online, mari kita bahas defenisi dan pengertian zakat itu sendiri.

Pada umumnya di pahami bahwa zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan 6 golongan lainnya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat.

Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga yang secara khusus mengatur harta yang wajib dikeluarkan kepada mustahik (orang yang berhak).

Secara umum, zakat terbagi dua jenis, yaitu

Zakat Fitrah, yaitu zakat yang wajib diberikan  oleh setiap orang Islam setahun sekali (pada Idulfitri) berupa makanan pokok sehari-hari (beras, jagung, dan sebagainya);

Zakat mal adalah zakat yang wajib diberikan karena menyimpan (memiliki) harta (uang, emas, dan sebagainya), termasuk penghasilan profesi yang cukup syarat-syaratnya;

Zakat profesi adalah zakat yang diberikan oleh setiap orang Islam, yang menyangkut imbalan profesi yang diterima, seperti gaji dan honorarium.

Baca Juga: https://www.kompasiana.com/alimusrisyam/607ed5e5d541df5ec009a962/senjata-pamungkas-itu-bernama-kojima-madu-lengkap-menjaga-nutrisi-berpuasa

Khusus dalam bulan suci ramadan umat islam memiliki kewajiban zakat fitrah.

Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap jiwa baik laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN